Sukses

Marshanda Luncurkan Batik dengan Motif Gelombang Otaknya di Hari Kesehatan Mental Sedunia

Marshanda berharap bisa mengubah stigma negatif yang selama ini muncul terkait bipolar dan masalah kesehatan mental lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Marshanda, selama ini dikenal sebagai artis yang berjuang melawan bipolar yang dideritanya. Bipolar, sebagaimana masalah mental lainnya hingga saat ini masih kerap mendapat stigma negatif dari masyarakat.

Hari ini, Senin (10/10/2022) bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Marshanda meluncurkan sebuah motif batik. Nmaun batik yang diluncurkannya itu bermotif cukup unik karena diambil dari brainwave miliknya.

Melansir dari laman Wikipedia, brainwave sendiri adalah pola ritme berulang dari aktivitas saraf di sistem saraf pusat. Adapun definisi lain, gelombang otak adalah impuls listrik di otak. Pola tesebut lah yang kemudian dituangkan menjadi motif batik oleh Marshanda.

"Cantik banget ya batiknya, kamu pasti belum pernah melihat motif ini sebelumnya, karena motif ini cuma ada satu di dunia dan datangnya dari diri aku, dari brainwave-nya aku," kata Marshanda dalam sebuah video yang viral dan bahkan menjadi trending topic di Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda dengan Stigma

Lebih lanjut, lewat video tersebut Marshanda mempunyai harapan bisa mengubah stigma negatif yang selama ini muncul terkait bipolar dan masalah kesehatan mental lainnya.

"Lewat batik ini aku bisa tunjukkan kalau isi pikiranku itu nggak menakutkan dan bisa jadi indah. Sangat beda dengan stigma negatif yang ada," lanjut Marshanda.

 

3 dari 4 halaman

Kampanye

Hal ini juga merupakan sebuah kampanye yang sedang dilakukan Marshanda bersama TikTok dalam mengajak masyarakat untuk #SeeingTheUnseen dan bantu hilangkan stigma pada kesehatan mental.

"Dan sekarang kalian bisa melihat, apa yang selama ini tidak bisa kalian lihat. Aku Marshanda, aku terdiagnosa bipolar disorder," tutup Marshanda.

 

4 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Unggahan tersebut dibanjiri komentar positif. Banyak dari warganet yang kemudian menyadari banyak hal baru dari maslaah kesehatan mental ini.

"Waktu liat Video Marshanda gw jadi paham kalo isi kepala mental health survivor sebenernya gak semenakutkan perkiraan orang2, and wow bisa"nya kepikiran bikin batik dari brainwave. Nice bgt! Semoga abis nonton video #SeeingtheUnseen banyak yang makin paham soal Kesehatan Mental," tulis @mutualanya.

"Dari nonton Video Marshanda tentang Kesehatan Mental ini sih jadi makin paham sama apa yang ada dipikiran para mental health survivor. Kalian juga kudu nonton video #SeeingtheUnseen deh 👍🏻," timpal @neliafionyz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.