Kepastian BTS Bakal Wamil atau Tidak Bakal Diumumkan Desember Mendatang

Oleh Ratnaning Asih pada 06 Okt 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 16:00 WIB
BTS. (Big Hit Music via Soompi)
Perbesar
BTS. (Big Hit Music via Soompi)

Liputan6.com, Seoul - Selama beberapa tahun terakhir, polemik mengenai apakah BTS dibebaskan dari tugas wajib militer alias wamil atau sebaliknya, terus mengemuka. Tarik menarik antara dua kubu terus terjadi. Namun tampaknya dalam beberapa bulan ke depan jawaban atas hal ini bakal diumumkan ke publik.

Dilansir dari Korea Times pada Kamis (6/10/2022), Menteri Kebudayaan Korea Selatan Park Bo Gyoon pada Rabu kemarin menyatakan kementeriannya akan menentukan hal ini pada Desember mendatang.

“Kementerian akan menentukan posisinya sedini mungkin terkait wajib militer Jin, member tertua BTS, yang akan mencapai batas waktu pada Desember," kata dia.

Pernyataan ini diketahui dikeluarkan Park Bo Gyoon, sebagai respons atas permohonan Anggota Dewan Lee Yong Ho yang mendukung pembebasan Jin dkk dari tugas wamil.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perkecualian

Pemeriksaan untuk Wajib Militer di Korea Selatan
Perbesar
Calon tentara Korea Selatan yang mengenakan masker diambil darahnya saat menjalani pemeriksaan kesehatan untuk wajib militer di kantor Administrasi Tenaga Kerja Militer Seoul di Seoul, Senin (7/2/2022). (AP Photo/Ahn Young-joon)

Seperti diketahui, Semua pria Korea Selatan yang sehat diwajibkan untuk bertugas di kemiliter selama sekitar dua tahun.

Namun ada perkecualian yang memungkinkan atlet dan musisi klasik pemenang penghargaan global yang direkomendasikan oleh menteri budaya, olahraga, dan pariwisata untuk tak melakukan tugas kemiliteran secara aktif.

Sebagai gantinya, mereka bisa menjalankan tugas alternatif yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Siap Wamil

BTS. (Foto: Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단))
Perbesar
BTS. (Foto: Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단))

Hanya saja aturan tersebut tak mencakup artis dari kebudayaan pop seperti BTS. Padahal, septet ini dinilai memiiki pengaruh besar—termasuk dalam mempromosikan citra Korea Selatan secara global.

Agensi BTS, HYBE, pada April lalu mengungkapkan pelantun “Dynamite” sudah punya pendirian soal wamil. Yakni, mereka tak gentar menerima panggilan wamil bila diperintahkan negara.

"BTS telah berkali-kali menyampaikan pesan bahwa mereka menerima panggilan tugas saat diminta oleh negara dan mereka tak mengubah opini ini,” kata Chief Creative Officer HYBE Lee Jin Hyung.


Alami Kesulitan

Hanya saja pembicaraan yang berlarut-larut soal kepastian ini membuat mereka terkatung-katung.

“Kebijakan wajib militer berubah, dan benar bahwa para anggota BTS mengalami masa sulit karena susah bagi mereka memprediksi waktu [wamil] mereka. Karena sulit bagi mereka untuk membuat rencana, baik agensi maupun anggota BTS memantau secara lekat-lekat amandemen yang tengah diajukan," kata sang CCO. 

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya