Sukses

Kepastian BTS Bakal Wamil atau Tidak Bakal Diumumkan Desember Mendatang

Menteri Kebudayaan Korea Selatan Park Bo Gyoon sudah mengeluarkan tenggat soal kepastian wamil anggota BTS.

Liputan6.com, Seoul - Selama beberapa tahun terakhir, polemik mengenai apakah BTS dibebaskan dari tugas wajib militer alias wamil atau sebaliknya, terus mengemuka. Tarik menarik antara dua kubu terus terjadi. Namun tampaknya dalam beberapa bulan ke depan jawaban atas hal ini bakal diumumkan ke publik.

Dilansir dari Korea Times pada Kamis (6/10/2022), Menteri Kebudayaan Korea Selatan Park Bo Gyoon pada Rabu kemarin menyatakan kementeriannya akan menentukan hal ini pada Desember mendatang.

“Kementerian akan menentukan posisinya sedini mungkin terkait wajib militer Jin, member tertua BTS, yang akan mencapai batas waktu pada Desember," kata dia.

Pernyataan ini diketahui dikeluarkan Park Bo Gyoon, sebagai respons atas permohonan Anggota Dewan Lee Yong Ho yang mendukung pembebasan Jin dkk dari tugas wamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkecualian

Seperti diketahui, Semua pria Korea Selatan yang sehat diwajibkan untuk bertugas di kemiliter selama sekitar dua tahun.

Namun ada perkecualian yang memungkinkan atlet dan musisi klasik pemenang penghargaan global yang direkomendasikan oleh menteri budaya, olahraga, dan pariwisata untuk tak melakukan tugas kemiliteran secara aktif.

Sebagai gantinya, mereka bisa menjalankan tugas alternatif yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Siap Wamil

Hanya saja aturan tersebut tak mencakup artis dari kebudayaan pop seperti BTS. Padahal, septet ini dinilai memiiki pengaruh besar—termasuk dalam mempromosikan citra Korea Selatan secara global.

Agensi BTS, HYBE, pada April lalu mengungkapkan pelantun “Dynamite” sudah punya pendirian soal wamil. Yakni, mereka tak gentar menerima panggilan wamil bila diperintahkan negara.

"BTS telah berkali-kali menyampaikan pesan bahwa mereka menerima panggilan tugas saat diminta oleh negara dan mereka tak mengubah opini ini,” kata Chief Creative Officer HYBE Lee Jin Hyung.

4 dari 4 halaman

Alami Kesulitan

Hanya saja pembicaraan yang berlarut-larut soal kepastian ini membuat mereka terkatung-katung.

“Kebijakan wajib militer berubah, dan benar bahwa para anggota BTS mengalami masa sulit karena susah bagi mereka memprediksi waktu [wamil] mereka. Karena sulit bagi mereka untuk membuat rencana, baik agensi maupun anggota BTS memantau secara lekat-lekat amandemen yang tengah diajukan," kata sang CCO. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.