Fans BTS Menggalang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Dua Hari Tembus Rp 300 Juta

Oleh Ratnaning Asih pada 04 Okt 2022, 13:55 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 13:55 WIB
Penggalangan dana ARMY fans BTS untuk korban tragedi Kanjuruhan. (Foto: Tangkapan Layar Kitabisa.com/ BTS ARMY PROJECT LOMBOK)
Perbesar
Penggalangan dana ARMY fans BTS untuk korban tragedi Kanjuruhan. (Foto: Tangkapan Layar Kitabisa.com/ BTS ARMY PROJECT LOMBOK)

Liputan6.com, Jakarta ARMY, sebutan bagi penggemar BTS, menunjukkan simpati mereka terhadap korban tragedi dalam pertandingan sepak bola yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. ARMY asal Indonesia menggelar penggalangan dana yang hasilnya akan ditujukan kepada keluarga korban tragedi ini.

Donasi ini digagas oleh akun terverifikasi BTS Army Project Lombok di platform Kitabisa.com dan dimulai pada Senin (3/10/2022) kemarin. “Dunia sepak bola tengah berduka. Sebelumnya kami mengucapkan duka cita mendalam atas 182 korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan,” begitu pernyataan sang pemrakarsa donasi ini.

Dilanjutkan, “Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya.”

Memasuki hari kedua penggalangan dana, jumlah yang dikumpulkan terbilang fantastis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tembus Rp 300 Juta

Aksi Seribu Lilin untuk Korban Kerusuhan Kanjuruhan di GBK
Perbesar
Massa yang tergabung dalam Ultras Garuda Jakarta mengikuti aksi menyalakan lilin dan tabur bunga untuk korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang di depan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (2/10/2022). Aksi tersebut sebagai aksi solidaritas antar suporter dan bentuk keprihatinan atas tragedi kerusuhan suporter sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Saat artikel ini ditulis pada Selasa (4/10/2022), jumlah donasi yang dikumpulkan mencapai Rp 310.973.584. Angka ini datang dari 11.054 donasi yang diberikan.

Untuk sementara ini, target pengumpulan dana yang dikejar adalah Rp 400 juta. Angka ini kemungkinan besar bisa tercapai, mengingat batas waktu pengumpulan dana masih tersisa tiga hari ke depan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Untuk Modal Usaha hingga Pendidikan

Foto: Nasib Malang Sepak Bola Indonesia, 127 Orang Kehilangan Nyawa di Stadion Kanjuruhan
Perbesar
Kericuhan tak terelakkan di stadion yang menjadi markas Arema FC itu. Aremania turun ke lapangan setelah tim kesayangan mereka kalah dari rival bebuyutannya. (AP/Yudha Prabowo)

Dalam deskripsi penggalangan dana ini, disebutkan juga tujuan donasi ini nantinya.

Bantuan dari ARMY dan #OrangBaik akan kami salurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya. Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang,” kata sang pembuat donasi.


Bukan yang Pertama

Ini bukan kali pertama BTS Army Project Lombok mengadakan penggalangan dana untuk tujuan sosial dengan mengatasnamakan ARMY.

Sebelumnya, mereka juga terlibat dalam pengumpulan dana koservasi penyu untuk menambut ultah RM dan Jungkook.

Infografis Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan Malang. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan Malang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya