Jailangkung: Sandekala Tembus Satu Juta Penonton, Film Horor Masih Jadi Favorit

Oleh Dito Pramudyaseta pada 03 Okt 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 17:30 WIB
Deretan Film Indonesia Tayang di Bioskop September 2022, Ada Mendarat Darurat hingga Miracle in Cell No.7
Perbesar
Jailangkung: Sandekala adalah film horor yang mulai tayang pada 22 September 2022. (Instagram/filmjailangkung2022)

Liputan6.com, Jakarta Sepertinya film horor di Indonesia memang pilihan favorit di masyarakat. Sekali lagi, di tahun 2022 ada film horor yang berhasil mengumpulkan sebanyak satu juta penonton lebih, yakni film Jailangkung: Sandekala.

Hal ini disampaikan langsung melalui berbagai media sosial film Jailangkung: Sandekala, misalnya melalui Twitter @filmjailangkung pada Minggu (2/9/2022). “TERIMA KASI 1.000.000+ TELAH MENONTON JAILANGKUNG SANDEKALA.” tulis dalam caption.

Jumlah ini berhasil diraih setelah 10 hari penayangan. Jailangkung: Sandekala, atau yang dikenal dengan Jailangkung 3, pertama kali dirilis pada 22 September lalu.

Pencapaian ini memang tidak aneh. Pada hari pertama bahkan diberitakan bahwa film ini meraih 100 ribu lebih penonton. Lalu pada hari keenam sudah mendapatkan 620 ribu lebih penonton.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Film Horor Keenam

Poster Terbaru KKN Di Desa Penari
Perbesar
Poster KKN Di Desa Penari, fim Indonesia terlaris sepanjang masa.

Dengan pencapaian ini, film Jailangkung: Sandekala menjadi film Indonesia tahun 2022 kesebelas yang meraih angka fantastis tersebut. Sebelumnya adalah film Miracle in Cell No.7, yang sampai sekarang bahkan telah menyentuh 5 juta penonton.

Untuk genre film horor di tahun 2022 sendiri, film Jailangkung: Sandekala menjadi film keenam yang meraih pencapain ini. Sebelumnya ada KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan 2: Communion, Ivanna, The Doll 3, dan Kuntilanak 3.


Disutradarai oleh Kimo Stamboel

Ratu Ilmu Hitam (Instagram/ rapifilm)
Perbesar
Ratu Ilmu Hitam (2019) disutradarai oleh Kimo Stamboel. (Instagram/ rapifilm)

Film Jailangkung: Sandekala memiliki durasi sekitar 92 menit atau sekitar 1 jam setengah. Dibintangi oleh Titi Kamal, Dwi Sasono, Syiva Hadju, Muzakki Ramdhan, dan Giulio Parengkuan.

Film ini disutradarai oleh Kimo Stamboel yang sebelumnya telah membuat Ratu Ilmu Hitam (2019) dan bersama Timo Tjahjanto membuat Headshot (2014) dan Rumah Dara (2009). Film-filmnya sangat kental akan adegan kekerasan dan darah.


Sinopsis

Titi Kamal membintangi film Jailangkung: Sandekala.
Perbesar
Titi Kamal berperan sebagai seorang ibu dalam film Jailangkung: Sandekala. (Foto: Dok. Sky Media)

Sesuai judulnya, film Jailangkung: Sandekala memiliki cerita yang berpusat pada boneka mistis jalangkung. Cerita dimulai ketika keluarga kecil berlibur ke daerah perkampungan. Keluarga itu terdiri dari 4 orang: Adrian (ayah), Sandra (ibu), Niki (kakak), Kinan (adik).

Pada saat berhenti untuk melihat sebuah danau indah, Kinan yang memiliki hobi berfoto-foto, mencoba mencari spot terbaik. Dia pun berkeliling sendiri sampai ke hutan-hutan dan kemudian hilang. Pencarian kemudian dilakukan.

Dari pencarian ini, terkuak misteri yang sangat menyeramkan dari desa itu. Terlihat juga bagaimana penculikan anak seperti yang terjadi pada Kinan ini sudah sering terjadi dan selalu meninggalkan korban jiwa.

infografis journal
Perbesar
infografis journal Kenapa Film Horor Banyak Diminati di Indonesia?. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya