Krisdayanti dan 6 Artis Terpukul Atas Tragedi Kanjuruhan Malang, Ungkap Pesan Mendalam untuk Sepak Bola Indonesia

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 02 Okt 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 21:00 WIB
[Fimela] Krisdayanti
Perbesar
Krisdayanti tampil cantik dengan mengenakan dress batik bermotif bunga. Dress ini membuat Krisdayanti makin menawan. (Foto: Instagram.com/krisdayantilemos)

Liputan6.com, Jakarta Krisdayanti dan sejumlah pesohor tampak mengungkapkan duka mendalam atas tewasnya lebih dari 120 orang akibat Tragedi Arema di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Tak sekadar mengungkap kesedihan, kalimat bijak pun disampaikan.

Hingga kini, ucapan duka dari para artis terus bertambah. Namun, baru segelintir dari mereka yang meluapkan isi hati terdalam. Tak banyak yang menyampaikan masukan atau petuahnya terkait dunia sepak bola di Indonesia. Krisdayanti adalah salah satunya.

Sementara itu sampai kabar ini dibuat, jumlah korban jiwa terhitung sudah mencapai 130 orang. Sekitar 180-an masih dalam perawatan di rumah sakit. Tragedi ini bahkan menjadi sorotan internasional dan disebut sebagai tragedi sepak bola terbesar kedua di seluruh dunia sepanjang masa.

Lantas, siapa saja artis nasional di Tanah Air yang terpukul dengan pecahnya Tragedi Arema ini? Bagaimana mereka mengucapkan duka dan ungkapan isi hati apa yang mereka sampaikan untuk sepak bola Indonesia? Berikut deretan nama-nama beserta potretnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Krisdayanti

FOTO: Gaya Krisdayanti saat Menggunakan Batik, Tampil Menawan
Perbesar
Melalui akun Instagram pribadinya, ibu empat anak ini diketahui kerap menggunakan batik dalam berbagai acara. Namun, dirinya lebih sering memakai batik untuk bekerja di gedung DPR RI ataupun saat melakukan kunjungan kerja. (Liputan6.com/IG/@krisdayantilemos)

Krisdayanti terlihat sangat terpukul dengan meninggalnya ratusan orang di Stadion Kanjuruhan Malang. Dalam foto unggahannya ia tampak membubuhkan tulisan, “Tak ada sepakbola yang seharga nyawa.”

Setelahnya, pelantun “Menghitung Hari” dan “Mencintaimu” menulis pesan duka, “Innalillahiwainnailihirajiun.”

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kejadian yang menimpa pecinta sepak bola Tanah Air di Stadion Kanjuruhan, Malang,” cuit KD.


2. Ibnu Jamil

Ibnu Jamil
Perbesar
Salah satu doa utama Ibnu Jamil adalah dipersatukan kembali dengan anak dari pernikahannya terdahulu, yaitu Dhofin. (Foto: YouTube/ Daniel Mananta Network)

Ibnu Jami mempertanyakan nasib sepak bola Indonesia setelah tragedi berdarah tersebut.

"Kerusuhan setelah Arema kalah dari Persebaya..sepakbola Indonesia mau kemana???" tanya Ibnu Jamil sebagai status teks unggahan video pertandingan Arema ke akun Instagram terverifikasinya, Minggu, 2 Oktober 2022.

Atas kejadian itu, ia melanjutkan, "Menunggu kata kata bijak pecinta sepakbola Indonesia."

Terakhir, Ibnu Jamil mengunggah foto pita hitam yang melingkar sebagai momen kesedihan atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Ia mengingatkan betapa keselamatan lebih penting dari aksi menyaksikan si kulit bundar di lapangan hijau.

"Sepakbola Indonesia Berduka 🙏 nyawa lebih penting dari sepakbola," tulisnya lagi.

"Rivalitas 90 menit di dalam lapangan hijau tidak sebanding dengan nyawa... Jika terjadi hilangnya satu nyawa pun adalah bencana kemanusiaan," tulisnya lagi di unggahan yang lain.


3. Hemy Yahya

Helmi Yahya Jelaskan Pemecatannya ke Komisi I DPR
Perbesar
Mantan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya saat Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Setelah memanggil Dewan Pengawas dan Direksi TVRI, Komisi I DPR mendengarkan penjelasan Helmi Yahya terkait pemecatan dirinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presenter sekaligus aktor kenamaaan, Helmy Yahya, turut mengungkapkan kesedihannya setelah terpukul oleh Tragedi Arema pada Sabtu (1/10/2022) malam.

Helmy Yahya menyorot prestasi yang belakangan ini dicapai oleh Timnas Indonesia, tak sepadan dengan tragedi yang baru saja terjadi. Ia juga meminta masyarakat dan para pengurus agar bisa memetik pelajaran dari kesedihan ini.

Kenapa terjadi di saat prestasi garuda muda Indonesia membaik dan membanggakan? Kita berduka! Semoga kejadian ini tidak terulang kembali dan semua kita belajar! Aamin! Al Fatihah,” tulis Helmy Yahya.


4. Arie Untung

Arie Untung (Foto: Instagram/@ariekuntung)
Perbesar
Arie Untung (Foto: Instagram/@ariekuntung)

Arie Untung sempat dibuat waswas lantaran kerabatnya sempat terjebak di dalam stadion saat tragedi Arema meletus. Ia juga memperlihatkan sebuah video suasana kejadian yang mencekam pada malam itu. Mulai dari pelemparan batu hingga jenazah yang tergeletak di sekitar stadion.

"Meninggal karena membela apa? Aku sekarang lagi di surabaya, semalam keadaan mencekam di stadion kanjuruan akibat pertandingan persebaya arema, sampai kerabat kami baru bisa ke hotel menemui malem sekali krn sebelumnya nonton pertandingan...," tulis Arie Untung mengawali keterangannya.

Arie Untung pun berpesan agar ke depannya masyarakat kita lebih bisa saling menghargai serta menganggap olahraga sebagai hal menyenangkan baik menang ataupun kalah.

"Guys. Sayang bgt, hidup dirawat orang tua disekolahkan berkeluarga, anak istri menunggu dirumah akhirnya meninggal hanya karena skore akhir sepak bola tidak memuaskan. Yuk kita fikir2 apakah worth it? Semoga next tidak terulang seperti ini lagi ya guys," tulis Arie sambil berpesan.

"Udah waktunya nonton olah raga ya untuk olahraga bukan untuk emosi. yuk bisa yuk," tulis Arie menutup.


5. Wendy Cagur

[Bintang] Wendy Cagur
Perbesar
Wendy Cagur (Instagram/@wendicagur)

Sebagai pecinta sepak bola Indonesia, Tragedi Arema membuat komedian Wendy Cagur sedih campur kecewa. Wendy juga mengungkapkan harapannya agar kejadian seperti ini tak terjadi lagi. 

"Innalilahi wainnalillahi rojiun. Duka mendalam untuk dunia sepakbola kita. Alfatihah untuk semua korban jiwa. Semoga Allah tempatkan di sisi terindah. Aamiin Allahuma aamiin," tulis Wendy mengawali keterangannya.

"Jangan terjadi lagi, PLEASE!!!!! Speechless. Sedih. Miris. Hanya bisa berharap yang terbaik ke depannya. #alfatihah #innalillahiwainnailaihirojiun," tulis Wendy Cagur melalui akun Instagram @wendicagur.


6. Ben Kasyafani

[Fimela] Ben Kasyafani
Perbesar
Ben Kasyafani. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Ben Kasyafani turut menyampaikan ucapan duka atas Tragedi Arema di Kanjuruhan Malang melalui akun Instagram.

Mantan suami Marshanda juga meluapkan emosinya atas tragedi tersebut sambil berharap tak lagi terjadi di lapangan sepak bola nasional.

"Marah dan kecewa. Pecah berbayar nyawa. Bukan mau menghakimi. Tapi tak bisa seperti ini lagi. Tolong, ini yang terakhir. Lapangan hijau tempat bahagia mengalir. Tempat Kami penonton di pinggir bernyanyi dan bersyair," tulis Ben Kasyafani.

"Doa pagi ini kami panjatkan. Minta pertolongan dan bimbingan. Untuk keluarga yang ditinggalkan. Tabah dan kuat diberikan. Berduka di Kanjuruhan," sambung Ben.


7. Melanie Subono

Melanie Subono. (Foto: Instagram @melaniesubono)
Perbesar
Melanie Subono. (Foto: Instagram @melaniesubono)

Melanie Subono melontarkan kritik tajam kepada para suporter dan orang-orang yang terlalu menyalahkan aparat atas kejadian ini. Melanie menekankan agar masyarakat khususnya pecinta sepak bola membenahi diri terlebih dahulu.

"Gw setuju semua ada andil salah,gw ga setuju ini cuma tgg jwb satu pihak Sahabat2 sayang, sambil kawal Gas Air mata DIPROSES, PERBAIKKI KELAKUAN KITA YUK , Penggelar acara pun koreksi.... Gak tau gw mau nanggapi apa,SedihSEMUA sama SALAHnya , jadi ga punya hak nuding 1 sisi doang," tulis Melanie membuka.

"Rumah Gw pernah kena sambitan supporter club bola yang baru pulang nonton… padahal itu supporter yang MENANG loh,salah gw apa ? Tuntut perbaikan Kelakuan Aparat, tapi ya perbaikki juga KELAKUAN SUPORTER," sambungnya pada beberapa poin setelahnya.

"Intinya, kalo lo MAU NYA MENANG doang, marah kalo kalah,Adu Suit aja gih ato adu Bancet di got depan rumah. Jangan sebut diri SUPORTER yg arti nya SUPPORT/ kl mendukung pas menang tok. kalau club yg “ngakunya” lo support dilarang main, ngamuk jg??" tutup Melanie dengan nada keras.

Infografis El Clasico
Perbesar
El Clasico akan meramaikan sepak bola dunia akhir pekan ini (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya