Sukses

Melalui Bisnis Kopra, PT Sumber Sari Madani Mendukung Pemberdayaan Perempuan

PT Sumber Sari Madani membuka lapangan pekerjaan untuk para perempuan termasuk ibu rumah tangga demi membantu meningkatkan pemberdayaan perempuan di industri ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta PT Sumber Sari Madani menyadari pentingnya pemberdayaan perempuan dalam memperluas pertumbuhan ekonomi. Perusahaan pengolahan kopra ini pun membuka lapangan pekerjaan untuk para perempuan termasuk ibu rumah tangga demi membantu meningkatkan kemampuan dan kemandirian mereka di industri ekonomi.

Pemberdayaan perempuan didefinisikan sebagai upaya untuk mempromosikan pembentukan kapasitas, akses, dan kontrol terhadap sumber daya, sosial dan budaya, politik, ekonomi, dan industri lainnya.

Tujuannya agar perempuan memiliki partisipasi aktif yang memengaruhi perubahan positif bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan orang lain.

Dalam aplikasinya, perusahaan juga harus dapat memberdayakan perempuan dalam sektor profesional. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan oleh PT Sumber Sari Madani dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas PT Sumber Sari Madani

PT Sumber Sari Madani adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan dan perdagangan kopra dengan jumlah pekerja wanita sekitar 80 persen dari seluruh pegawai.

Pekerja wanita termasuk ibu rumah tangga yang juga warga sekitar pabrik di Borokanda, Daerah Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilatih untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan kopra ini. Sebagian besar memang sudah familiar dengan industri kopra.

Mereka diberdayakan untuk bekerja di bagian produksi, termasuk proses pemotongan, pengeringan, hingga pengemasan kopra. Lingkup pekerjaannya yaitu memproduksi dan mengelola butir kelapa menjadi kopra dengan cara dikeringkan.

 

3 dari 4 halaman

Mengurangi Pengangguran

Upaya pemberdayaan perempuan dari PT Sumber Sari Madani ini berhasil dalam mendukung kalangan wanita dan sektor rumah tangga warga sekitar untuk mendapatkan kebebasan finansial dan mengurangi tingkat pengangguran.

Bukan hanya itu, program ini juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih mandiri serta mampu menggali potensi diri dan sumber daya di wilayah sekitar.

Direktur PT Sumber Sari Madani Bapak Bambang menyampaikan, "Kami ingin memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang di daerah tempat kerja kami tanpa membeda bedakan gender, selama mereka memenuhi syarat kriteria kerja kami."

Bapak Bambang juga berharap bahwa kesempatan kerja bagi perempuan ini akan membantu warga sekitar agar terbebas dari masalah ekonomi sehari-hari.

 

4 dari 4 halaman

Sejak 2011

PT Sumber Sari Madani sendiri telah berpengalaman di industri kopra sejak tahun 2011. Perusahaan ini fokus dalam industri kopra untuk diolah menjadi minyak goreng, batok kelapa untuk diolah menjadi arang batok kelapa dan arang briket.

Perusahaan kopra ini telah melayani permintaan kopra di seluruh Indonesia khususnya pasar lokal di area Jawa. Bahkan hasil kopra sudah diekspor sampai ke Bangladesh.

PT Sumber Sari Madani terus berkomitmen menerapkan berbagai kebijakan yang mendukung program pemberdayaan perempuan dengan cara memberikan kesempatan dan pelatihan kerja pada perempuan khususnya warga sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.