Ratu Elizabeth II Terakhir Kalinya Beri Gelar Kesatria kepada Komposer Star Wars John Williams

Oleh Dito Pramudyaseta pada 26 Sep 2022, 09:01 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 09:02 WIB
Mahkota Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. (Foto: Instagram @theroyalfamily)

Liputan6.com, Jakarta Pada hari Kamis, 8 September 2022, Ratu Elizabeth II meninggal. Posisi sang mendiang ratu yang mulai memerintah dari 6 Februari 1952 dan dimahkotakan pada 2 Juni 1953 ini kemudian digantikan oleh Pangeran Charles III yang kini bergelar Raja Charles III.

Selama masa pemerintahannya yang panjang sekitar 70 tahun, Ratu Elizabeth II telah banyak memberikan gelar kesatria untuk orang-orang tertentu di dunia. Mulai dari politisi, atlet, seniman, hingga orang-orang biasa.

Dilansir dari Deadline, salah satu gelar kesatria terakhir dari Ratu Elizabeth II diberikan untuk komposer legenda di dunia perfilman, John Williams. Gelar ini disahkan oleh sang ratu sebelum meninggal dunia.

Gelar kesatria ini merupakan penghargaan kehormatan yang bertujuan untuk mengakui warga negara dalam negeri maupun warga negara asing yang telah memberikan kontribusi ke Britania Raya (UK, United Kingdom).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ikonis

Poster film  Jaws (Universal Pictures via IMDb)
Perbesar
Poster film Jaws, salah satu film yang menggandeng John Williams sebagai komposer. (Universal Pictures via IMDb)

John Williams terkenal sebagai seorang komposer yang telah memberikan sentuhan magisnya dalam musik-musik di dunia perfilman. Dia dikenal selalu bekerja sama dengan sutradara Steven Spielberg, terbaru dalam filmnya yang berjudul The Fabelmans.

Beberapa karya komposer berusia 90 tahun ini antara lain dapat kita kenali ada dalam film Jaws, seri film Star Wars, seri film Indiana Jones, seri film Jurassic Park, seri film Harry Potter, dan masih banyak lagi. Semua musik-musik ikonis itu lahir dari tangan dinginnya.


Penghargaan

[Bintang] John Williams
Perbesar
John Williams telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi di dunia musik dan film. (AFP/Bintang.com)

John Williams yang telah berkarier selama lebih dari 65 tahun ini, tentu sudah mencatatkan namanya di berbagai jenis penghargaan musik bergengsi. Contohnya Academy Awards atau yang dikenal dengan nama Oscar.

Dia telah mendapatkan 5 Oscar. 4 nominasi Best Original Score untuk karyanya yakni Jaws (1975), Star Wars Episode IV: A New Hope (1977), E. T. the Extra-Terrestial (1982), dan Schindler’s List (1993). Satunya lagi Original Scoring Score untuk film Fiddler on the Roof (1971).

Di penghargaan Grammy Awards, dia bahkan telah mendapatkan 21 piala.


Ditolak David Bowie

David Bowie
Perbesar
David Bowie sang musikus legendaris, meninggal pada Januari 2016.

Dilansir dari Billboard, gelar kesatria sudah banyak diberikan kepada orang-orang dari dunia musik. Seperti Paul McCartney, Ringo Starr, Elton John, Mick Jagger, Bono dari band U2, The Bee Gees dan banyak lagi.

Di sisi lain, ada juga musisi yang menolak gelar ksatria ini. Contohnya David Bowie. Pelantun lagu "Heroes" ini menolak gelar itu pada 2003.

“Aku tidak akan pernah punya minat menerima hal semacam itu. Aku benar-benar tidak tahu untuk apa hal seperti itu. Bukan untuk itu saya menghabiskan hidup saya bekerja.” ucapnya.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya