Data Lengkap Box Office 2022: 10 Film Indonesia Raih Sejuta Penonton, Market Share Mencapai 61 Persen

Oleh Wayan Diananto pada 23 Sep 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi bioskop. (Foto: Koleksi Cinema XXI)
Perbesar
Ilustrasi bioskop. (Foto: Koleksi Cinema XXI)

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari dua tahun dihantam pandemi Covid-19, kini film Indonesia membuat serangan balik di bioskop. Tak tanggung-tanggung, laporan box office atau film Indonesia Terlaris 2022 per September 2022 menyebut ada 10 film Indonesia yang meraih sejuta penonton lebih.

Pencapaian gemilang ini ditambah fakta market share penonton film Indonesia mencapai 61 persen. Mohon maaf, film impor harus puas dengan perolehan market share 39 persen saja.

Selain di jaringan bioskop seluruh Indonesia, market share penonton film tersebut juga dihitung dari beragam judul yang tayang di sejumlah platform streaming atau Over The Top (OTT).

Sepuluh film Indonesia yang meraih sejuta penonton lebih yakni: KKN di Desa Penari (9,2 juta), Pengabdi Setan 2: Communion (6,3 juta), Miracle In Cell No. 7 (3,5 juta dan masih tayang), Ngeri-ngeri Sedap (2,8 juta), serta Ivanna (2,7 juta).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Peringkat Keenam

Poster film Miracle in Cell No. 7. (Foto: Dok. Instagram @hanungbramantyo)
Perbesar
Poster film Miracle in Cell No. 7. (Foto: Dok. Instagram @hanungbramantyo)

Peringkat keenam hingga sepuluh dihuni oleh film Sayap-Sayap Patah (2,4 juta), Mencuri Raden Saleh (2,24 juta), Ku Kira Kau Rumah (2,22 juta), The Doll 3 (1,7 juta) dan Kuntilanak 3 (1,3 juta).

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Kamis (23/9/2022), Ketua Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Chand Parwez Servia menyambut hangat pencapaian film Indonesia di tengah pukulan wabah virus Corona.


Alhamdulillah Sejarah

Cinema XXI. (Foto: Koleksi Cinema XXI)
Perbesar
Cinema XXI. (Foto: Koleksi Cinema XXI)

“Alhamdulillah, ini sejarah pertama dalam dunia film. Bahwa film Indonesia bisa melebihi perolehan penonton film Barat,” ujar Chand Parwez yang juga pendiri rumah produksi StarVision.

“Saya berharap bisa bertahan sampai akhir tahun. Saya senang karena APFI juga mempunyai kontribusi dalam perolehan jumlah penonton di tangga box office Indonesia,” ia menambahkan.

 


5 Juta Penonton

Teaser poster film Miracle in Cell No. 7. (Foto: Dok. Falcon Pictures/ IMDb)
Perbesar
Teaser poster film Miracle in Cell No. 7. (Foto: Dok. Falcon Pictures/ IMDb)

Selain KKN di Desa Penari yang menoreh prestasi sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa menggantikan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!! Part 1, Miracle In Cell No. 7 patut disorot. Ia masih tayang di bioskop dan berpeluang menembus level 5 jutaan penonton.

“Puji Tuhan, kebanggaan buat kami. Miracle In Cell No 7 saat ini masih tayang di bioskop, jadi salah satu film dengan penonton di atas 3 juta. Kabar ini, menjadi penyemangat kami untuk dapat berkarya lebih baik lagi ke depan,” ujar Produser Falcon Pictures, Frederica.

infografis perfilman indonesia
Perbesar
Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya