3 Lagu Ikonik dari Ledd Zeppelin Ini Wajib Masuk ke dalam Playlist Kamu ya!

Oleh Fachri pada 22 Sep 2022, 13:10 WIB
Diperbarui 22 Sep 2022, 13:10 WIB
Ledd Zeppelin.
Perbesar
Personel Ledd Zeppelin. (Foto: Rolling Stone)

Liputan6.com, Jakarta Band rock yang lahir pada bulan September 1968 di London ini digawangi oleh Robert Plant sebagai vokalis, Jimmy Page sebagai gitaris, John Paul Jones sebagai bassis, serta John Bonham sebagai drummer. Bisa dibilang, Ledd Zeppelin merupakan salah satu grup band terbaik dan berpengaruh di industri musik dunia hingga sekarang.

Namun siapa sangka, mereka mengawali karirnya dengan nama The Yardbids. Dan setelah berganti nama menjadi Ledd Zeppelin, mereka pun merilis album studio debut "Self-Titled" di tahun 1969. Setelah album pertama rilis, album kedua pun kembali dikeluarkan dengan judul "Led Zeppelin II". Dan setelah itu, enam albumnya menyusul, total mereka telah merilis delapan album studio.

Lagu-lagu yang ada di albumnya, memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Ditambah, keempat personelnya terbilang expert di setiap instrumen yang dimainkan. Lewat lagu-lagunya, Ledd Zeppelin disebut-sebut sebagai grup band heavy metal pertama yang menonjolkan suara gitar yang berat dan hentakan drum yang kuat.

Nah, dari album-album yang dirilisnya, terdapat tiga lagu yang menjadi masterpiece dari Ledd Zeppelin lho! Penasaran apa saja? Check this out!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Kashmir (1975)

Kashmir, sebuah lagu yang memiliki makna dalam hal pencarian jati diri manusia. Lagu ini menjadi salah satu lagu masterpiece dari Ledd Zeppelin. Bahkan menurut sang vokalis Robert Plan, hanya ada satu lagu Led Zeppelin yang paling 'keramat' untuknya, yang ternyata bukan 'Stairway Of Heaven'. Melainkan Kashmir.

Secara musikalitas, lagu ini mampu memberikan kesan tentang sebuah perjalanan yang epik. Entah dalam situasi spiritual atau perjalanan secara harfiah. Dan dari segi lirik, "Kashmir" sangat kental dengan nuansa ambiguitas yang dapat memunculkan beragam interpretasi. Di situlah peran seni, Ledd Zeppelin mampu meramu semua itu dengan epik di lagu ini.

Selama delapan menit, kita disuguhkan karya agung yang penuh dengan musik dramatis, lirik yang sangat melankolis, dan dinyanyikan dengan tidak berlebihan. Sangat patut didengar!


2. Stairway to Heaven (1971)

Selain Kashmir, lagu ini merupakan salah satu lagu ikonik dari Ledd Zeppelin. Lagu ini direkam untuk pertama kalinya pada Desember 1970 di Basing Street Studios, London. Lagu ini menjadi lengkap dengan lirik tambahan oleh Robert Plant dalam sesi-sesi untuk ‘Led Zeppelin IV’ di Headley Grange, Hampshire, pada tahun 1971.

Lagu ini memiliki irama campuran dari progressive rock, folk rock, dan hard rock. Dimulai dengan tempo yang lambat dan dengan instrumen akustik. Namun, secara perlahan, temponya menjadi lebih depat dengan intrumental elektrik. Ditambah dengan solo gitar yang cukup panjang sebelum kembali berubah cepat pada bagian hard rock.

Menurut jurnalis musik Stephen Davis, meskipun lagu tersebut rilis pada tahun 1971, butuh waktu hingga 1973 sebelum popularitas lagu tersebut benar-benar naik ke status yang luar biasa. Dan lagu ini menjadi salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa.

Dan pada tahun 2004, majalah Rolling Stone menempatkan ‘Stairway to Heaven’ di nomor 31 dalam daftar 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa. Pada akhirnya, lagu ini terdiri dari empat babak, yang setiap babaknya menceritakan kisah penuh makna dan misteri.


3. Immigrant Song (1970)

Lagu yagn terdapat pada album "Led Zeppelin III" ini memiliki kekuatan dan komposisi musik yang ciamik. Pada lirik pembuka lagu ini, langsung menceritakan tentang alam Islandia dengan salju abadinya, matahari yang tak pernah tenggelam di musim panas dan geyser yang menyemburkan air panas.

Ya, lagu ini diciptakan pada saat mereka melakukan perjalanan budaya ke Islandia. Selain itu, sehari sebelum mereka akan bermain di Reykjavik, para pegawai negeri di sana melakukan pemogokan. Pertunjukan yang sebelumnya akan diisi oleh Ledd Zeppelin, akan dibatalkan. Namun, pihak universitas setempat menyiapkan ruang konser untuk Ledd Zeppelin bermain.

Berbeda dengan dua lagu sebelumnya, durasi lagu ini sangat pendek, hanya 2 menit 26 detik. Namun, dalam waktu yang singkat tersebut, Ledd Zeppelin mampu memberikan sentuhan Nordik di dalamnya. Bagi Robert Plant, lagu ini hanya tentang perjalanan dan menjadi pembuka di album "Led Zeppelin III", tapi banyak yang merespons dengan serius lagu ini.

Intinya, kalau kamu ingin mood bosster saat sedang bekerja atau supaya tidak malas-malasan, "Immigrant Song" bisa menjadi solusi jitu, karena lagu ini sangat punchy!

Nah, itu dia tiga lagu Ledd Zeppelin yang ikonik hingga kini. Apakah kalian sepakat? Atau bahkan hanya ada yang mendengar lagu-lagu lainnya? Terlepas dari itu, kamu bisa memutar lagu-lagu keren dari Ledd Zeppelin di platform streaming musik yang jadi andalanmu ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya