Sukses

Ingin Koleksi Vinyl di Rumah? Berikut Ini 5 Tips Jitu Cara Merawatnya dengan Tepat!

Mengoleksi vinyl, tak boleh sembarang treatment-nya ya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa di sini yang masih memiliki koleksi vinyl? Mungkin sudah mulai jarang ya yang mengoleksi barang satu itu. Karena, saat ini, kita sudah mudah mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. 

Eits, tapi sebagian orang masih ada lho yang belum ingin berpaling dari piringan hitam atau vinyl. Entah karena punya cerita tersendiri dengan barang itu atau nilai sejarah yang teramat besar makanya dikoleksi. Yup, tak bisa diganggu gugat sih, barang satu ini emang sangat menarik buat dikoleksi.

Vinyl juga bisa merepresentasikan identitas pemiliknya lho! Nah, buat kalian yang memiliki hobi mengoleksi vinyl, tak boleh sembarang treatment-nya ya. Vinyl harus dimanjakan dengan sentuhan yang ekstra! Mau tahu bagaimana caranya? Simak di bawah ini selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Simpan di Tempat Kering

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika memiliki koleksi vinyl adalah simpan di tempat yang kering. Ketika sudah disimpan di tempat yang kering, piringan hitam terhindar dari potensi basah karena percikan air ya. Karena kalau sudah terkena percikan air, barang sedikit saja, vinyl akan menjadi lembab dan jamur pun akan dengan senang hati tinggal di sana.

2. Bersihkan Secara Teratur

Langkah kedua setelah diletakkan di tempat yang kering, kamu juga jangan mager untuk membersihkan vinyl. Kamu bisa menjadwalkan untuk membersihkan koleksi vinyl seminggu sekali atau seminggu dua kali ya. Ibaratnya, punya barang satu ini, harus meluangkan banyak waktu untuk membersihkannya.

Sebelum membersihkan vinyl, ada baiknya kamu selektif dalam memilih kain untuk membersihkannya ya! Kamu bisa gunakan kain yang berbahan dasar lembut. Setelah itu, kamu bisa bersihkan vinyl dengan teknik searah jarum jam ya.

Itu semua dilakukan agar vinyl yang kamu miliki terhindar dari goresan yang dapat mengurangi nilai dari piringan hitam tersebut. So, rawat dengan baik ya!

3. Taruh di Rak Khusus

Kamu harus menyadari, bahwa vinyl ini merupakan barang yang spesial. Untuk itu, menyimpannya pun harus spesial juga ya. Langkah pertama, kamu harus membuat atau menyiapkan rak khusus untuk menyimpan vinyl. Hindari sinaran matahari secara langsung ya!

Ketika sudah diletakkan di rak khusus, atur koleksi vinyl kamu agar tertata rapi. Dan jangan lupa, berikan rongga antar vinyl agar sirkulasi udara yang masuk itu tetap terjaga!

4. Pakai Gel Silica

Jika kamu sudah menyimpan vinyl di rak khusus, untuk menjaga kelembaban di sana, kamu perlu tambahkan gel silica ya. Gel silica ini bertujuan untuk meminimalisir jamur yang akan mengendap di piringan hitam. Tapi, tetap ya, kamu harus melakukan pembersihan secara teratur, supaya tidak zonk!

5. Cermat Terhadap Goresan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah cermat dalam melihat ada tidaknya goresan di piringan hitam. Langkah itu berguna untuk menjaga agar turntable yang kamu miliki itu tidak rusak. Karena vinyl yang memiliki goresan, berpotensi dapat merusak atau mematahkan jarum turntable yang kamu miliki.

Pada akhirnya, kamu harus melakukan itu semua dengan disiplin ya. Jika kamu memiliki koleksi vinyl, alangkah baiknya dijaga dan dirawat baik-baik. Karena bisa jadi, barang satu itu menguntungkan kamu di masa yang akan datang! Bisa jadi sumber cuan!

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.