Kelam Tapi dengan Lirik yang Indah, 3 Band Ini Mampu Populerkan Musik Genre di Dunia

Oleh Fachri pada 20 Sep 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 18:30 WIB
Nirvana.
Perbesar
Para personel Nirvana. (Foto: Rolling Stone)

Liputan6.com, Jakarta Surganya para pencinta musik grunge! Ya, di awal 90-an, begitu banyak musik beraliran grunge yang terdapat di pasaran. Dengan mudahnya kita mendengarkan musik beraliran seperti itu. Bisa dibilang, genre ini merupakan adaptasi dari genre rock yang sudah ada.

Kembali, genre grunge ini berasal dari band-band Amerika Serikat, terutama dari Kota Seattle. Banyak band-band yang memasukkan unsur-unsur hardcore punk dan heavy metal secara bersamaan di musiknya. Ditambah dengan keunikan distorsi gitar yang terdengar, kontrasnya dari satu nada ke nada yang lain, dan juga lirik yang sangat sentimentil.

Band-band yang naik daun tersebut, mendapatkan kesuksesannya di tahun 1990-an. Beberapa dari band-band tersebut bahkan memiliki peran penting dalam perkembangan dunia musik. Selain itu, mereka juga mampu mengubah gaya hidup sebagian remaja di awal 90-an dan generasi selanjutnya.

So, berikut ini merupakan 3 band yang memiliki peran krusial dalam perkembangan musik dunia, khususnya genre grunge itu sendiri. Check this out!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Alice in Chains

Alice in Chains.
Perbesar
Personel dari Alice in Chains. (Foto: Rolling Stone)

Grup band yang terbentuk pada tahun 1987 ini memiliki peran yang cukup krusial dalam perkembagan musik grunge saat itu. Band yang digawangi oleh Layne Staley, Jerry Cantrell, Mike Starr, dan Sean Kinney ini, awalnya bernama Diamond Lie dan berganti nama menjadi Alice in Chains pada tahun 19898.

Genre grunge sangat terasa ketika mendengarkan album pertamanya yang diberi judul "Facelift". Kesan yang ditonjolkan pada album tersebut adalah hidup yang sangat berat dan gelap. Tak hanya dari lirik saja, tetapi, gaya bernyanyi dari Staley pun memperlihatkan 'kegelapan' yang sebenar-benarnya.

Dari album pertama tersebut, Alice in Chains mampu menjadi grup band yang diperhitungkan di peta musik dunia pada tahun 1991. Ditambah, pada tahun 1996, mereka mampu mencuri perhatian ketika tampil di MTV Unplugged. Lagu-lagu yang dibawakannya mampu membius pencinta musik dengan suasana muram dan gelap, tanpa menihilkan keindahan. 


2. Pearl Jam

Pearl Jam.
Perbesar
Personel Pearl Jam. (Foto: Rolling Stone)

Dibentuk kembali pada tahun 1990 di Seattle, Pearl Jam bisa masuk dalam salah satu band yang paling berhasil pada tahun 1990-an. Mereka juga bisa dikatakan sebagai salah satu pionir dari musik grunge.

Dibentuknya kembali Pearl Jam, karena sebelumnya, Andrew Wood, sang vokalis meninggal akibat overdosis. Setelah itu, Stone Gossard dan Jeff Ament merekrut Eddie Vedder menjadi vokalis. Selain Eddie, mereka juga merekrut Mike Mc Cready dan Dave Krusen untuk melengkapi personel Pearl Jam.

Setelah semua personel sudah terbentuk pada tahun 1992, mereka merilis album debutnya yang berjudul "Ten". Di album debutnya tersebut, Pearl Jam meraih kesuksesan. Bagaimana tidak, album tersebut mampu mengimbangi superioritas album Nirvana, "Nevermind" yang sedang hits pada saat itu. Dari sana, Pearl Jam mulai dikenal lewat musik yang memadukan rif heavy rock 70-an dengan post-punk 80-an.


3. Nirvana

Nirvana.
Perbesar
Para personel Nirvana. (Foto: Rolling Stone)

Yang ketiga adalah band yang tak boleh terlupakan. Mungkin, Nirvana ini menjadi salah satu band dengan penggemar yang sangat banyak dan juga mampu menata perkembangan musik dunia. Band yang terbentuk di akhir 1980-an ini, awalnya merilis album debutnya yang diberi judul "Bleach".

Namun, mereka tidak meraih kesuksesan, sampai merilis album kedua "Nevermind". Lagu-lagu di album kedua mereka selalu booming, salah satunya adalah "Smells Like Teen Spirit". Dengan itu, mereka berhasil mempopulerkan musik grunge menjadi wabah di dunia, setelah sukses tampil di MTV Unplugged pada tahun 1992.

Penampilan di MTV Unplugged tersebut mampu menarik perhatian para pencinta musik dengan lagu-lagu yang dibawakan. Nirvana membawakan lagu-lagu dari album pertamanya, "Bleach" dan album keduanya, "Nevermind".

Nah, itu tadi tiga band yang memiliki pengaruh dalam mempopuleerkan musik grunge. Kalau kamu lebih suka lagu dari band yang mana? Kalau belum, langsung aja meluncur ke aplikasi streaming musik di PlayStore atau App Store ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya