Dari Heroes hingga Starman, Deretan 5 Lagu dari David Bowie Ini Wajib Kamu Dengar!

Oleh Fachri pada 20 Sep 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 16:32 WIB
David Bowie.
Perbesar
Tampilan dari David Bowie. (Foto: Variety)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin anak zaman sekarang, tidak mengetahui penyanyi satu ini. Yup! David Bowie, salah satu ikon musik di industri musik dunia, khususnya musik pop dan rock. Ia merupakan pria kelahiran London, pada 8 Januari 1947. Bowie, memulai karir bermusiknya pada tahun 1962 dan masih mampu eksis hingga lima dekade lamanya. 

Dari awal perjalanan karir bermusiknya, David Bowie sudah merilis 26 album. Dan sebagian besar albumnya tersebut mendapatkan ketenaran di industri musik dunia. Seperti Hunky Dori (1971), Aladdin Sane (1973), dan Heroes (1977). Dari semua albumnya tersebut, ia mampu menjual 140 juta kopi dan banyak sekali mendapatkan penghargaan musik internasional.

Dengan tampilan eksentriknya, ia bisa dibilang sebagai pionir dari genre glam rock. Genre tersebut juga diusungnya dalam setiap lagu yang terdapat di album-album yang dirilisnya. Lagu-lagu tersebut wajib untuk kamu dengar, bahkan masuk daftar playlist streaming musik yang kamu pakai.

So, lagu-lagu apa saja dari David Bowie yang wajib kamu dengar dan bisa dibilang terbaik dari dirinya? Simak daftarnya di bawah ini ya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Heros (1977)

Judul lagu yang sama dengan album yang dirilisnya pada tahun 1977 ini merupakan salah satu lagu terbaik dari David Bowie. Lagu yang ditulis oleh dirinya sendiri ini, terinpirasi dari lagu dari band eksperimental Jerman, Neu!

Lagu ini bercerita tentang pasangan Jerman yang memiliki tekad untuk tetap bersama dan akan bertemu setiap hari di bawah turret senjata di Tembok Berlin. Musik yang terdengar dari lagu ini, cukup ironi. Namun, tetap memberikan harapan dan optimisme bagi kita yang mendengarnya.

David Bowie sudah merilis lagu ini ke dalam beberapa versi bahasa. Mulai dari Inggris, Jerman, dan Prancis. Jika dialihbahasakan ke Jerman, judulnya menjadi "Helden". Sedang Prancis menjadi "Heros". Dan pada tahun 2019. lagu ini juga menjadi salah satu soundtrack dari film Jojo Rabbit.


2. Space Oddity (1969)

Lagu yang termasuk ke dalam album "David Bowie" ini dirilis pada tahun 1969. Lagu ini berkisah tentang pendaratan manusia di bulan, Mayor Tom, seorang astronot fiktif yang memotong komunikasi dengan Bumi dan mengapung ke angkasa.

Space Oddity merupakan karya revolusioner dalam waktu, musik, dan lirik, dan membantu memperkenalkan khlayak umum ke salah satu tindakan musik paling dinamis dan kreatif. Lagu yang berdurasi lima menit ini berhasil menceritakan sebuah kisah yang bisa dengan mudah berfungsi sebagai plot film science fiction yang berdurasi dua jam (2001: A Space Odyssey).


3. Life on Mars (1971)

Belajar kegilaan dari David Bowie! Mungkin itu kalimat yang pas untuk menggambarkan lagu ini. Ya, bagaimana tidak, lirik yang tersaji dalam lagu ini sangatlah abstrak. Lagu yang termasuk ke dalam album "Hunky Dory" ini dirilis pada tahun 1971.

Walaupun secara tekstual, kita bisa mengartikan bahwa lagu ini menceritakan tentang seorang gadis yang pergi menonton film setelah bertengkar dengan orangtuanya.

Tapi, maksud yang tersaji dalam lagu ini sangatlah abstrak dan penuh dengan imajinasi liar. Pada akhirnya, kita akan bertannya tentang keberadaan manusia di bumi. Apakah sia-sia saja?


4. Starman (1972)

Lagu yang termasuk ke dalam album "The Rise And Fall Of Ziggy Stardust And The Spiders From Mars" ini dirilis pada tahun 1972. Sama seperti lagu sebelumnya, kali ini kita juga akan menggunakan imajinasi liar untuk menginterpretasikan lagu ini.

Lagu ini bercerita bagaimana adanya kehidupan di luar sana. Starman sendiri yang berarti manusia bintang atau biasa kita sebut alien. Jika ditelaah dalam liriknya, dijelaskan jika starman ini datang ke bumi dan ingin menemui manusia. Entah apa tujuan mereka datang ke bumi, di situlah imajinasi liar kita bermain.

Dan saat membawakan lagu ini di publik, Bowie muncul saat Ziggy Stardust yang berambut api mengenakan setelan lompatan warna-warni. Penampilan itu yang menjadikan Bowie sebagai bintang dan mempengaruhi generasi rocker Inggris berikutnya.


5. Ziggy Stardust (1972)

Lagu yang dirilis pada tahun 1972 ini merupakan salah satu maha karya dari David Bowie. Lagu ini merupakan implementasi alter ego dari Bowie. Ia terinspirasi dari musisi psychobilly 60-an, Legendary Stardust Cowboy.

Bowie mendasarkan pakaian, rambut, dan tata rias Ziggy Stardust pada karakter Malcom McDowell di A Clockwork Orange dan di buku William Burroughs, Wild Boys. Dalam membawakan lagu ini, Bowie terlihat sangat teatrikal.

Lagu ini merupakan cara Bowie berurusan dengan masalah kesehatan mental yang melanda keluarganya. Bahkan, lagu ini sempat menjadikan Bowie ragu tentang kewarasan dirinya. Terlepas dari itu, lagu ini masuk ke dalam jajaran "The 500 Greatest Songs of All Time versi majalah Rolling Stone".

Memang masih banyak lagu David Bowie lainnya yang terbaik ya! Kalau kamu, yang paling favoritnya apa? Atau yang sudah masuk daftar playlist di streaming musik kesayanganmu yang mana?

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya