Check! 3 Sosok Gitaris Legendaris Ini Punya Sentuhan Magis bagi Industri Musik Dunia

Oleh Fachri pada 16 Sep 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 15:15 WIB
Eddie Van Halen.
Perbesar
Gaya panggung dari Eddie Van Halen. (Foto: The Guardian)

Liputan6.com, Jakarta Gitar merupakan alat musik yang paling krusial dalam membuat lagu semakin sentimentil atau bahagia. Sebagian besar band-band yang sukses di industri musik, tak terlepas dari kehadiran gitaris yang skillful, selain vokalis yang unik tentunya.

Seorang gitaris dalam sebuah band mampu menghidupkan riff, power chord, dan finger tapping dalam setiap lagu yang dibawakan. Bahkan, tak jarang lagu-lagu tersebut menjadi ikonik dalam sejarah perkebangan musik dunia hingga kini.

Dengan kehebatan mereka dalam bermain gitar, tak jarang bermunculan sosok-sosok yang menjadi legenda dalam dunia musik. Tak berlebih, jika mereka yang memiliki kehebatan seperti itu, masuk dalam jajaran gitaris terbaik sepanjang masa.

Selain karena kehebatannya, mereka juga mampu menginspirasi musisi-musisi yang jauh lebih modern dan mempengaruhi perkembagan industri musik dunia. Siapa saja kiranya gitaris tersebut? Berikut daftarnya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Jimi Hendrix

Gitaris kidal satu ini tak boleh terlewat masuk daftar gitaris hebaat. Yup, Jimi Hendrix dianggap berbagai kalangan sebagai salah satu gitaris terhebat di dunia. Selain karena kemampuannya memainkan gitar, ia juga memiliki keunikan dalam setiap pertunjukan yang dibuatnya di atas panggung.

Jimi Hendrix men-set gitarnya seperti gitar kidal dengan senar E yang rendah di bagian atas dan E yang tinggi di bagian bawah. Karena keunikannya tersebut, Jimi Hendrix menampilkan sesuatu yang ikonik dalam setiap show-nya.

Salah satu penampilan yang paling ikonik dari Jimi Hendrix tejadi pada Festival Woodstock di tahun 1969. Di sana, banyak yang menganggap bahwa itu merupakan salah satu pertunjukan rock paling populer sepanjang masa dari dirinya.

Jimi Hendrix tak hanya menginspirasi musisi-musisi lainnya, tapi juga masyarakat secara luas. Saking tersohor namanya, di tahun 2018, anggota Kongres Adam Smith dari Washington yang berperan penting dalam mengesahkan RUU di sana,  merubah nama kantor pos di Seattle Renton menjadi Kantor Pos James Marshall 'Jimi Hendrix'.


2. Eddie Van Halen

Eddie Van Halen - 10 Musikus Dunia Ini Tak Disangka Punya Darah Asia
Perbesar
Eddie Van Halen. (guitar.com)

Salah satu musisi dunia yang memiliki darah Indonesia! Ya, Eddie Van Halen! Singkat cerita, ayahnya pernah tinggal di Indonesia saat akhir pemerintahan kolonial Belanda. Lalu, bertemu dengan ibunya, yang memiliki darah Belanda-Indonesia.

Salah satu pencetus dari band Van Halen ini harus dimasukkan dalam daftar gitaris legendaris di dunia musik. Yup, ia dikenal sebagai master riff, seperti di lagu Unchained, Eruption, dan Take Your Whiskey Home. Banyak yang menyematkan Eddie Van Halen sebagai musisi jenius dalam setiap harmoni lagu yang diciptakannya.

Selain karena kehebatannya, Eddie Van Halen juga terkenal dengan aksi memegang pick-nya di antara ibu jari dan jari tengahnya. Dengan cara memegang seperti itu, jari telunjuknya dapat melakukan finger tapping.


3. Joe Satriani

Joe Satriani.
Perbesar
Aksi panggung Joe Satriani. (Foto: Guitar World)

Joe Satriani dikenal sebagai salah satu musisi rock, komposer, penulis lagu, dan guru gitar. Di awal kariernya, Joe Satriani pernah bekerja sebagai guru gitar selama tiga tahun lamanya.

Dari menjadi guru gitar tersebut, banyak lahir gitaris legendaris dalam industri musik dunia. Mulai dari Steve Vai, Larry LaLonde, Rick Hunolt, Kirk Hammett (Metallica), Andy Timmons, Charlie Hunter, Kevin Cadogan, dan Alex Skolnick.

Di tahun 1988, ia diajak oleh Mick Jagger sebagai gitaris untuk ikut dalam tur solo pertama Jagger. Di tahun 1994, ia pernah menjadi bagian dalam Deep Purple, dan menjadi gitaris di sana.

Gaya bermainnya, sangat dipengaruhi oleh beberapa gitaris legendari yang kehebatannya tiada tandingan. Seperti kon gitar blues-rock seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page, Ritchie Blackmore dan Jeff Beck, tetapi memiliki gaya tersendiri yang tetap menjadi ciri khasnya dalam memainkan gitar.

Nah, itu dia 3 sosok gitaris yang memiliki kehebatan di atas rata-rata. Selain Eric Clapton dan Jimmy Page, mereka juga mampu memberikan sentuhan magisnya dalam perkembagnan industri musik dunia. Kalau kamu suka yang mana?

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya