Sukses

Lagu Ed Sheeran, Shape of You Masuk Buku Guinness World of Records 2023

Buku Guinness World of Records baru saja memperbarui pencapaian-pencapaian di kategorinya. Salah satu kategori yang menarik perhatian adalah musik.

Liputan6.com, Jakarta Buku Guinness World of Records baru saja meng-update alias memperbarui pencapaian-pencapaian di kategorinya. Mulai dari sains, olahraga, hingga “life on earth” atau kehidupan di bumi (merujuk pada kegiatan-kegiatan kecil manusia seperti rekor “tap dance mundur terbanyak di dunia”).

Salah satu kategori yang menarik perhatian adalah musik. Pada kategori ini, terdapat beberapa nama musisi besar dunia. Salah satunya adalah Ed Sheeran. Dilansir Rolling Stone, lagu Ed yang berjudul “Shape of You” berhasil tercatat sebagai “Most Streames Track On Spotify.

Sampai 22 Januari 2022, "Shape of You" yang dirilis pada 2017 dan berasal dari album “ ÷" (Divide) ini telah diputar sebanyak 3.026.657.640 kali. Lagu yang memenangkan Best Pop Performance dalam acara Grammy Awards 2018 ini merupakan satu-satunya lagu yang berhasil menyentuh angka 3 milyar di platform Spotify.

Shape of You” selama ini memang berhasil menjadi lagu paling populer di Spotify setelah mengalahkan lagu “One Dance” milik Drake (featuring WizKid & Kyla).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkena Kasus Plagiarisme

Sebelumya, lagu “Shape of You” ini sempat mengalami permasalahan hingga sampai ke meja bundar pengadilan. Dilansir dari The Guardian, lagu ini dituduh menjiplak lagu “Oh Why” yang dirilis tahun 2015 milik Sami Chokri dan Ross O’Donoghue.

Namun pada April 2022, Ed Sheeran berhasil menang dan lepas dari tuduhan ini. Pengadilan mengatakan bahwa kesamaan di dua lagu tersebut terlalu kecil dan pada dasarnya kedua lagu tersebut sangat berbeda. Dia pun memberikan sedikit penjelasan melalui Instagramnya.

“Ada banyak notes dan sedikit chord yang digunakan dalam musik dan kebetulan (bahwa satu musik terdengar sama dengan musik lain) pasti terjadi bila dalam sehari ada 60 ribu lagi dirilis di Spotify, ada 22 juta lagu dalam setahun, dan hanya ada 12 notes yang tersedia,” jelas Ed.

3 dari 4 halaman

Terinspirasi dari TLC

Sebelumnya pada saat awal perilisannya, banyak penggemar musik yang menemukan kesamaan “Shape of You” dengan lagu lain. Lagu yang dimaksud adalah milik grup band TLC, “No Scrubs”. Kesamaan ini terdapat pada melodi di kedua lagu tersebut.

Ed Sheeran seperti mengaku bahwa memang benar melodi lagunya terinspirasi dari lagu milik TLC tersebut. Dilansir dari Billboard, Ed kemudian mencantumkan pencipta lagu “No Scrubs”, Kandi Burruss dan Tiny Harris, sebagai orang yang juga terlibat dalam pembuatan lagu “Shape of You” ini.

4 dari 4 halaman

Tur Konser

Saat ini Ed Sheeran sedang disibukkan dengan persiapan konsernya yang bertajuk "+–=÷x Tour" atau yang dikenal juga sebagai "Mathematics Tour". Tur konser ini berjumlah sampai 76 pertunjukan. Ada 64 di Eropa, 1 di Amerika Utara, dan 13 di Oceania.

Tur dimulai dari 23 April 2022 di Dublin, Irlandia dan direncanakan selesai pada 12 Maret 2023 di Perth, Australia. Ini merupakan tur konser keempat Ed Sheeran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.