Sukses

RM BTS Sang Penikmat Seni Tulen Diam-Diam Berdonasi Rp 1 Miliar Lebih untuk Merawat Aset Budaya Korea

September tahun lalu, RM BTS memberi donasi dengan besaran serupa kepada yayasan tersebut.

Liputan6.com, Seoul - RM BTS baru saja memasuki usia 28 tahun pada 12 September 2022. Dalam bulan bahagia ini, ia diam-diam melakukan perbuatan terpuji. Leader BTS ini berdonasi kepada Badan Administrasi Warisan Budaya dan Yayasan Warisan Budaya Korea di luar negeri.

Dilansir dari Soompi, Jumat (16/9/2022), angkanya terbilang fantastis, 100 juta won atau lebih dari Rp 1 miliar. Meski dilakukan secara rahasia, donasi ini akhirnya diumumkan sendiri oleh yayasan penerima dana tersebut pada Rabu kemarin.

Tujuan donasi ini adalah preservasi, restorasi, dan pemanfaatan dari aset budaya yang terletak di luar negeri.

Ini bukan donasi pertama pria bernama asli Kim Namjoon itu kepada yayasan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun Lalu Juga Berdonasi

Setahun lalu, juga pada bulan September, RM diam-diam berdonasi kepada Yayasan Warisan Budaya Korea Luar Negeri dengan jumlah yang sama.

Organisasi ini menyatakan bahwa donasi tersebut akan digunakan untuk melakukan konservasi hwarots yang merupakan peninggalan Dinasti Joseon. Hwarots adalah pakaian tradisional Korea yang dikenakan hanya oleh bangsawan wanita di seremoni khusus pada masa Goryeo dan Joseon.

Hwarots ini disimpan di Los Angeles County Museum of Art (LACMA). Tambahan donasi yang diberikan RM pada tahun ini salah satunya akan digunakan untuk membuat katalog yang memperkenalkan lukisan Korea.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tokoh Pelindung Seni

RM BTS memang dikenal sebagai penikmat seni. Tahun 2020, ia mendapat pengakuan dari Dewan Kesenian Korea sebagai Tokoh Pelindung Seni. Titel ini diberikan kepada individu maupun perusahaan yang berperan serta memberikan dukungan kepada perkembangan kesenian pada tahun tersebut.

Sebelum menerima pengakuan ini, ia diketahui meminjamkan koleksi patung miliknya yang bertajuk ‘Kuda’ dari seniman Kwon Jin Gyu, kepada Museum Seni Seoul. Ia juga menyumbang 100 juta won kepada Museum Seni Modern dan Kontemporer Nasional.

4 dari 4 halaman

RM Tour

RM BTS juga diketahui kerap mengunjungi museum dan pameran seni. Museum yang dikunjunginya bahkan dijuluki “RM Tour”, menjadi bukti besarnya pengaruh sang rapper dalam dunia seni Korea.

Ia juga berpartisipasi sebagai penulis komentar dalam pameran "The Space Between: Modern Korean Art Exhibition" yang digelar di LACMA mulai 11 September 2022 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.