Karya Monumental! 5 Lagu Rock Ini Wajib Masuk dalam Daftar Playlist Musik Kamu!

Oleh Fachri pada 15 Sep 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 17:05 WIB
Musik.
Perbesar
Ilustrasi pria sedang mendengarkan musik. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah genre yang tidak sederhana, punya banyak sub-genre di dalamnya, dan saking banyaknya sub-genre itu, genre-genre baru tercipta dan terus berkembang hingga sekarang. Itulah yang dikenal dengan musik rock. Musik rock sangat berkaitan erat dengan yang namanya kultur.

Yup, kultur merupakan sesuatu yang terjadi dan berkembang dalam sebuah masyarakat. Karena itu, kultur akan selalu berubah dan bahkan melakukan pencampuran seiring dengan berjalannya kehidupan manusia dalam sebuah pertarungan zaman.

Jika menilik sejarah lahirnya musik rock, memang tidak terlepas dari alam kebudayaan manusia sejak dahulu. Musik rock berawal dari musik rhythm dan blues kulit hitam yang eksis di sekitar tahun 1920-an. Seiring berjalannya waktu, musik rock termanifestasikan melalui gerakan rock n roll yang berkembang di rahun 1940-an.

Sampai detik ini, sudah banyak ratusan atau bahkan ribuan musisi yang menyajikan karya-karya yang terbilang monumental terkait dengan musik rock. Musik yang diciptakannya, mampu menjadi lokomotif bagi perkembangan musik rock dan juga simbol nyata dari pergerakan musik rock itu sendiri.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu karya monumental dalam musik rock yang wajib jadi asupan di telinga kalian, baca selengkapnya di bawah ini!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Queen (Bohemian Rhapsody)

Siapa yang tidak mengenali band rock asal Inggris satu ini. Queen terbentuk pada tahun 1970 di London, Inggris. Di awal terbentuknya, Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor, dan John Deacon menjadi formasi awal band rock satu ini.

Melalui musik yang mereka hasilkan, Queen berhasil menjadi salah satu legenda dalam musik rock dunia. Musik mereka yang mampu memasukkan unsur-unsur, seperti rock progresif, hard rock, opera, dan pop rock ini menjadi legenda.

Bagaimana tidak, mereka mampu menjual 170 juta keping rekaman dan mampu menjadi raja di sejumlah tangga lagu dengan lagu-lagu hebat yang tercipta. Salah satu lagu yang menjadi masterpiece hingga kini adalah Bohemian Rhapsody.

Sebagai salah satu lagu dari album A Night at the Opera ini mampu dibuat Queen dengan begitu hebatnya. Mereka mampu memasukkan unsur klasik, opera, rock, serta harmonisasi vokal seperti paduan suara di lagu yang bedurasi 6 menit ini. Intinya, lagu ini sangat monumental!


2. AC/DC (Highway to Hell)

Band rock asal Australia ini terbentuk pada tahun 1973. AC/DC terbentuk oleh inisiasi Young bersaudara. Mereka menjadi personel AC/DC yang memainkan gitar, Young gitaris utama sedangkan saudaranya menjadi gitaris irama.

Band rock satu ini berhasil menjual 200 juta keping rekaman lagunya dan menjadikannya sebagai salah satu band rock tersukses di dunia. Album pertama mereka adalah Highway to Hell. Album tersebut mampu menembus pasar dan mengangkat nama AC/DC sebagai band rock papan atas.

Lagu yang juga judulnya sama dengan judul album pertama mereka ini menjadi anthem jika orang menyebut AC/DC. Lagu Highway to Hell mampu mendapatkan atensi yang luar biasa di dunia. Dengan musik yang menghentak dan lagu yang sangat cocok dinyayikan bersama-sama, menjadikan lagu ini menjadi monumental dalam sejarah musik rock.


3. The Rolling Stones ((I Can't Get No) Satisfaction)

The Rolling Stones merupakan salah satu band rock terbesar dan tersohor di dunia, bahkan hingga sekarang. Musiknya masih sering diputar dan didengarkan oleh penikmat musik rock. Salah satu lagu monumentalnya adalah (I Can't Get No) Satisfaction yang termasuk dalam album keempat mereka yang bertajuk Out of Our Heads.

Dalam lagu ini, komersialisme yang banal diceritakan lewat lirik-lirik yang lugas dan tegas. Bahkan, majalah Rolling Stone menempatkan lagu ini ke dalam posisi kedua dalam daftar 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa. Dan saat perilisan awalnya, lagu ini sempat duduk di puncak tangga lagu Amerika Serikat dan Inggris selama empat minggu lamanya.


4. Ledd Zeppelin (Stairway to Heaven)

Band rock legendaris asal Inggris ini sangat sukses di dunia musik rock. Band yang terdiri dari Jimmy Page, Robet Plant, John Paul Jones, dan John Bonham ini mampu menjadi penguasa selama satu dekade di media 1960-an.

Dari delapan album yang telah dirilisnya, Led Zeppelin mampu berperan penting dalam sejarah musik rock dunia. Dalam musik yang dibuatnya, terdapat unsur musik rock, psychedelic, dan folk. Bahkan, dari musik yang diciptakannya, mereka menjadi acuan bagi musik heavy metal hingga sekarang.

Salah satu lagu monumental dari Ledd Zeppelin adalah Stairway to Heaven. Lagu yang berdurasi 8 menit ini termasuk ke dalam album keempat mereka yang bertajuk Zeppelin IV. Dan dari 8 menit durasi lagu itu, terdapat tiga bagian di dalamnya yang menjadi ciri khas. Progresif rock, folk rock, dan hard rock bisa menyihir telinga penikmat musik jika mendengar lagu ini.


5. Black Sabbath (Paranoid)

Black Sabbbath merupakan band rock atau heavy metal yang berasal dari Inggris. Band ini seringkali disebut sebagai nenek moyang dari segala yang berbau metal. Digawangi oleh front man eksentrik seperti Ozzy Osbourne, lalu ada Tony Iommi, Geezer Butler, dan Bill Ward ini, menjadikan Black Sabbath sebagai band yang berpengaruh dalam berkembangnya musik rock.

Bisa dibilang, mereka menjadi pionir dalam musik rock dan membuka jalan bagi aliran musik metal serta berbagai sub-genre lainnya. Salah satu lagu monumental yang tercipta adalah Paranoid. Bahkan, lagu tersebut juga masuk dalam jajaran 500 Lagu yang Membentuk Rock n Roll berdasarkan Rock n Rol Hall of Fame.

Nah, itu dia lima lagu monumental yang memiliki peran tersendiri dalam sejarah musik rock dunia. Lagu mana yang sudah kamu dengar berulang kali? Atau kamu belum mendengarkan lima lagu di atas? Jika belum, langsung aja meluncur ke aplikasi streaming musik yang berwana hijau ya!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya