Sukses

Reality Show Squid Game Banjir Kritik, Sutradara Hwang Dong Hyuk Minta Publik Jangan Kelewat Serius

Seperti yang kita tahu, saat ini Netflix tengah menyiapkan Squid Game musim 2 dan reality shownya, Squid Game: The Challenge. Sama seperti di serialnya, reality Show ini kan menampikan 456 peserta yang harus melewati berbagai game anak-anak untuk mendapatkan total hadiah sebesar US$4,56 juta.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, saat ini Netflix tengah menyiapkan Squid Game musim 2 dan reality show Squid Game: The Challenge. Sama seperti di serialnya, reality show ini kan menampikan 456 peserta yang harus melewati berbagai game anak-anak untuk mendapatkan total hadiah sebesar US$4,56 juta.

Semenjak dikonfirmasi, banyak penonton mengkritik reality show tersebut. Mereka melihatnya sebagai ironi, mengingat Squid Game sendiri merupakan kritik terhadap sistem kapitalis, namun sekarang malah “diperas” untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Pembuat sekaligus sang sutradara, Hwang Dong Hyuk, dalam Variety juga pernah menyebut hal yang sama. Dia mengaku membuat Squid Game sebagai sebuah “cerita alegori atau fabel tentang masyarakat kapitalis modern.”

Namun dilansir dari Variety Rabu (14/9/2022), mengenai reality show Squid Game ini Hwang Dong Hyuk ternyata tidak keberatan sama sekali. Baru-baru ini saat malam pergelaran Emmy Awards 2022, Hwang Dong Hyuk membahas kritik yang diberikan penonton terhadap adanya reality show tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Memiliki Pesan yang Sama

Hwang Dong Hyuk meminta penonton tidak perlu khawatir karena reality show tersebut juga akan memiliki pesan yang sama, sebisanya. “Mereka (orang-orang di balik acara Squid Game: The Challenge) akan membawa visi dan niatku sebanyak yang mereka bisa di acara tersebut,”

“Menurutku, walau acara kami (Squid Game) membahas pesan yang cukup berat — dan aku tahu bahwa ada semacam kekhawatiran (dari penonton) melihat pesan tersebut diambil dan diubah ke sebuah acara reality show berhadiah.”

3 dari 4 halaman

Jangan Terlalu Serius

Hwang Dong Hyuk meminta penonton untuk tidak terlalu serius melihat reality show yang pada dasarnya dibuat hanya sebagai hiburan. “Namun bagaimana pun juga, saat kau melihat sesuatu terlalu serius, itu bukanlah hal terbaik untuk dilakukan di industri hiburan. Itu benar-benar tidak membuat acuan yang baik.”

“Aku akan mengatakan bahwa reproduksi tersebut (membuat reality show dari serial Squid game) akan membawa sebuah makna baru di industri (hiburan), dan aku berharap ini kan menjadi arah yang baru bagi industri (hiburan) secara keseluruhan.”

4 dari 4 halaman

Squid Game

Reality show Squid Game: The Chalenge adalah cara Netflix membuat kesuksesan baru dari serial drama Korea Selatan berjumlah 9 episode tersebut. Seperti yang kita tahu, Squid Game mendapatkan kesuksesan besar di seluruh dunia. Bahkan menjadi serial Netflix paling banyak ditonton. Selain karena berhasil memberikan ketegangan yang baru, Squid Game juga dipuji untuk pesan sosialnya.

Kesuksesan Squid Game tidak hanya dari segi komersialnya saja, tetapi juga dari segi kritikus. Terbaru, dalam acara penghargaan Primetime Emmy Awards ke-74 yang diselenggrakan di Microsoft Theater di Los Angeles, pada Senin 12 September 2022 waktu setempat, Squid Game berhasil memenangkan 6 piala Emmy.

Dua di antaranya merupakan nominasi besar, yakni nominasi Outsanding Lead Actor in a Drama Series yang jatuh kepada Lee Jung-jae dan nominasi Best Directing for a Drama Series yang jatuh kepada Hwang Dong Hyuk untuk episode 1, “Red Light, Green Light”. Keduanya mencetak sejarah dengan menjadi orang Asia pertama yang memenangkan nominasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.