Sukses

Atta Halilintar dan Gus Miftah Dilaporkan Pengacara Persatuan Dukun Atas Dugaan Pelanggaran UU ITE Terkait Fitnah dan Penghinaan

Firdaus Oiwobo mengatakan bahwa Gus Miftah diduga melakukan penghinaan terhadap profesi dukun.

Liputan6.com, Jakarta Masalah mengenai Pesulap Merah yang membongkar kebohongan dukun-dukun, kini kian melebar. Masalah ini bahkan sampai menyeret nama Atta Halilintar dan Gus Miftah.

Atta Halilintar dan Gus Miftah dilaporkan oleh pengacara persatuan dukun yaitu Firdaus Oiwobo. Keduanya dilaporkan atas dugaan pelanggaran UU ITE mengenai fitnah dan penghinaan.

"Alhamdulillah laporan hari ini diterima oleh Polres Jakarta Selatan terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang ITE pasal 27 ayat 3 juga juncto pasal 45, isinya mengenai fitnah dan penghinaan di media sosial," ujar Firdaus Oiwobo, dilansir dari tayangan di kanal YouTube Cumicumi pada Sabtu (10/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Penghinaan

Firdaus Oiwobo mengatakan bahwa Gus Miftah diduga melakukan penghinaan kepada para dukun secara umum sehingga merasa martabatnya direndahkan.

"Yang dilaporkan YouTuber AH (Atta Halilintar) dan GM (Gus Miftah) jadi yang kami laporkan atas konten penghinaan yang mengatakan bahwa 'istri dukun itu jelek dan merongos'," kata Firdaus lagi.

"Lalu Gus Miftah juga berbicara di podcast Atta Halilintar mengatakan bahwa beliau menganalogikan bahwa 'orang yang datang ke dukun itu orang bodoh, kenapa disebut orang pinter, karena yang datang orang bodoh semua', lalu banyak lagi hinaan-hinaan yang dilontarkan oleh keduanya," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Masalah

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Firdaus Oiwobo memang sempat diundang ke podcast Atta Halilintar. Namun Atta Halilintar merasa bersalah telah mengunggah podcast tersebut dan kemudian langsung menghapusnya.

Tak lama setelahnya, giliran Gus Miftah yang hadir di podcast Atta Halilintar untuk membahas mengenai fenomena dukun. Dalam podcast itu lah Firdaus Oiwobo merasa Gus Miftah melakukan dugaan penghinaan dan fitnah terhadap profesi dukun.

4 dari 4 halaman

Tak Digubris

Sementara itu, pihak Firdaus Oiwobo sendiri mengaku sudah mencoba menghubungi secara langsung kepada Atta Halilintar mengenai masalah ini. Namun ia tidak mendapat respons apa pun dari Atta Halilintar.

"Saya sudah WhatsApp keberatan kepada tim Atta Halilintar, dicuekin, saya sudah WA, kenapa dihapus," tutup Firdaus Oiwobo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.