Sukses

Pernyataan Sikap Perdana Menteri Liz Truss, Sebut Ratu Elizabeth II Fondasi Pembangunan Inggris Modern

Perdana Menteri Inggris Liz Truss salah satu orang yang melihat kondisi terakhir Ratu Elizabeth II sebelum meninggal dunia. Ia menulis pernyataan sikap di medsos.

Liputan6.com, Jakarta Nama Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss disorot dunia tak lama setelah kabar Ratu Elizabeth II meninggal dunia menggema. Liz Truss bertemu Ratu Elizabeth II hanya dua hari sebelum Sang Ratu mangkat.

Pertemuan itu terjadi pada 8 September 2022 di Istana Balmoral, Skotlandia. Foto pertemuan mereka viral di medsos lantaran tangan Ratu Elizabeth tampak membiru. Kondisi kesehatannya lantas ramai dibahas netizen.

Ratu berusia 96 tahun itu bertemu Liz Truss membahas pemerintahan baru setelah pengunduran diri Boris Johnson. Memerintah Inggris selama 70 tahun, Ratu Elizabeth II telah menunjuk 14 perdana menteri.

Kini, Liz Truss menyampaikan pernyataan sikap lewat akun Instagram terverifikasi, pada 9 September 2022 waktu Indonesia. Ia menyebut Inggris Raya sedang dirundung duka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potret Ratu Elizabeth II

Pernyataan sikap ini disampaikan Liz Truss sembari mengunggah fotonya tengah menulis pesan di sebuah buku beralaskan meja dengan taplak putih tanpa motif.

Di sudut meja, ada foto Ratu Elizabeth II mengenakan baju dan rok biru muda dengan kalung mutiara plus topi bundar. Liz Truss sendiri memakai baju hitam pertanda duka.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bangsa Yang Berduka

Atas nama bangsa yang berduka, saya menyampaikan belasungkawa terdalam atas meninggalnya Yang Mulia,” cuitnya lalu menyebut Ratu Elizabeth II sebagai fondasi Inggris.

Dia (Ratu Elizabeth II -red) adalah batu di mana Inggris modern dibangun. Pikiran pemerintah dan bangsa ini adalah dengan Yang Mulia Raja dan keluarganya,” Liz Truss menyambung.

 

4 dari 4 halaman

Perdana Menteri dan Raja Baru

Sejumlah netizen melayangkan dukacita dan mengenang Ratu Elizabeth II. “Berpulang dalam damai. Ini akan menjadi minggu yang sama di mana Inggris punya Perdana Menteri dan Raja Baru,” tulis akun @mike**** di kolom komentar.

Istirahat dalam tenang Ratu Elizabeth. Dunia ytak akan lagi sama tanpa perempuan yang menakjubkan ini,” akun @syl**** menambahkan. Lebih dari 23 ribu orang menyukai unggahan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.