Sukses

Acha Septriasa Ternyata Terlahir Hanya dengan Satu Ginjal, Baru Tahu Saat Berusia 18 Tahun

Acha Septriasa baru tahu dirinya hanya memiliki satu ginjal saat usianya menginjak 18 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Acha Septriasa ternyata punya kelainan yang tak banyak orang tahu. Sejak lahir, ternyata pemilik nama asli Jelita Septriasa hanya memiliki satu ginjal saja. Hal itu pun baru diketahui istri Vicky Kharisma saat usianya menginjak 18 tahun.

Karena kondisi tersebut, Acha Septriasa mudah pingsan dan kelelahan setiap melakoni pekerjaan yang cukup menyita banyak waktu. Ditambah ia jarang mengkonsunsi air mineral dan sering menahan untuk buang air kecil.

"Iya, karena waktu itu kan lagi syuting film, aku sering pingsan. Terus biasanya kalau lagi syuting kan sampai 20 jam, itu aku enggak kuat begitu," kata Acha dikutip dari kanal YouTube.

"Terus ternyata aku kan memang dulu jarang minum, pokoknya minum itu seadanya aja. Terus habis itu suka menahan pipis kalo di lokasi syuting, karena kadang-kadang di jalanan, kita juga enggak sempat gitu kan?," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periksa ke Rumah Sakit

Merasa ada yang tak beres dengan kondisi kesehatannya. Acha Septriasa akhirnya memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter. Dari situlah Acha Septriasa tahu hanya memiliki satu ginjal setelah menjalani pemeriksaan intensif.

"Ternyata pas lagi di USG, di bagian kiri 'Lho kok ada nih? Di kanan kok enggak ada?'," ungkap Acha.

"Akhirnya masuk ke dalam apa sih itu namanya? CT Scan ya? Terus abis itu pas dicari, enggak ada sama sekali di sebelah kanan, kosong. Ya sudah, dinyatakanlah kalau aku tuh ternyata dari kecil (memiliki satu ginjal)," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan

Setelah tahu hanya memiliki satu ginjal, Acha Septriasa selalu menjaga kesimbangan dan kesehatan tubuhnya. Namun hal yang paling dirasakan adalah mudah lelah dan sering merasakan sakit pinggang.

"Rasanya itu gampang capek, selalu mengeluh sakit di (pinggang) sebelah kiri, karena kan itu bekerja satu (ginjal) tapi nge-kover buat berdua," jelas Acha.

4 dari 4 halaman

Permasalahan

Acha Septriasa mengatakan tak ada masalah besar hanya memiliki satu ginjal. Hanya saja dirinya kurang memahami kondisi ginjalnya yang hanya satu, namun bekerja keras untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh.

"Sebenarnya enggak ada masalah ternyata (memiliki satu ginjal). Cuma yang salahnya aku itu jarang minum sama suka menahan buang air kecil. Akhirnya bisa kronik juga kalau enggak diperhatiin," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.