Sukses

Potret Anak-Anak Ratu Elizabeth II Termasuk Charles III, Ada yang Pernah Jadi Juara Berkuda dan Punya Perusahaan Swasta

Anak Ratu Elizabeth II berjumlah empat orang setelah ia menikah dengan Pangeran Philip dari Edinburgh pada 1947. Salah satunya adalah Charles III.

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya pemimpin Inggris Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di usia 96, membuat banyak orang bertanya-tanya seputar kehidupan pribadi pemilik nama Elizabeth Alexandra Mary itu. Salah satunya adalah seputar anak-anaknya yang lain selain Pangeran Charles Philip Arthur George alias Charles III.

Setelah menikah dengan Pangeran Philip dari Edinburgh pada 1947, Ratu Elizabeth II memiliki empat orang anak. Putra pertamanya adalah Charles III, menyusul putri keduanya Anne Elizabeth Alice Louise, putra ketiga Pangeran Andrew Albert Christian Edward, dan putra bungsunya, Pangeran Edward Anthony Richard Louis.

Setiap anak Ratu Elizabeth II sudah diberi jabatan berdasarkan teritori masing-masing di tiap area Britania Raya. Maka tak heran kalau ada nama wilayah Britania Raya yang menghiasi nama asli mereka. Menariknya, alur hidup keempat anak Ratu Elizabeth ini tak semuanya sama.

Ketiga anak Ratu Elizabeth II pun tak semuanya mengikuti jejak kakak sulung mereka, Charles III, untuk menjadi bagian dari takhta kerajaan. Bahkan ada yang memilih untuk menjadi orang biasa dan juga ada yang pernah terjun di dunia militer. Termasuk Charles III, berikut deretannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Charles III, Prince of Wales

Putra sulung Ratu Elizabeth II ini memiliki kisah kehidupan yang sudah banyak diketahui publik dunia. Lahir di London pada 14 November 1948, Charles benar-benar tumbuh di tengah keluarga Kerajaan Inggris. Kisah cintanya menjadi sorotan setelah ia berpacaran dengan Diana pada 1980.

Keduanya menikah pada 1981 dan dikaruniai dua orang anak, Pangeran William dan Pangeran Harry. Sayangnya, rumah tangga mereka berakhir pada 1996. Pangeran Charles diketahui masih menjalin hubungan dengan mantan kekasih, Camilla Parker, selama menjadi suami Diana.

Pada 2005, Charles pun akhirnya menikah dengan Camilla Parker yang langsung mendapat gelar Duchess of Cornwall. Terlihat beberapa kali Camilla mendampingi Charles di berbagai kunjungan kenegaraan.

 

3 dari 5 halaman

2. Anne, The Princess Royal

Lahir di London pada 15 Agustus 1950, Anne yang merupakan anak kedua ini adalah putri satu-satunya Ratu Elizabeth II. Menurut berbagai sumber, Anne memiliki hobi berkuda dan bahkan pernah menyabet piala di kejuaraan berkuda individu di Eropa pada 1971 silam.

Anne lalu menikah dengan seorang perwira militer, Kapten Mark Phillips pada 1973 dan dikaruniai dua orang anak. Lantaran suaminya bukan bangsawan, kedua anaknya hanya dipanggil nama. Namun sayangnya Anne dan Mark bercerai pada 1992.

Anne kemudian menikah lagi dengan perwira angkatan laut bernama Timothy Laurence yang juga bertugas sebagai ajudan sang ibunda. Anne baru diangkat jadi putri kerajaan pada 1987 lantaran ia menjadi putri tertua raja Inggris menyusul bibi buyutnya, Mary, putri Raja George V.

 

4 dari 5 halaman

3. Andrew, Duke of York

Pangeran Andrew, anak ketiga Putri Elizabeth II lahir pada 19 Februari 1960 di London dan lahir serta tumbuh di lingkungan istana Buckingham. Ia merupakan orang kedua yang bisa mewarisi takhta setelah Charles III.

Sejak 1979, Andrew menjalani pelatihan Angkatan Laut Inggris seperti sang ayah. Setelah itu, ia melanjutkan jenjangnya di militer dengan mengikuti pelatihan sebagai pilot pesawat dan helikopter. Gelar pilot didapatnya pada 1981.

Setelah itu, Andrew menikahi Sarah Ferguson alias Fergie pada 1986. Pada hari pernikahan, Andrew mendapat gelar Duke of York. Namun sayangnya, rumah tangga Andrew dan Fergie berakhir perceraian pada 1996. Selama menikah, keduanya memiliki dia orang putri.

 

5 dari 5 halaman

4. Edward, Earl Wessex

Pangeran Edward besar di lingkungan sekolah asrama sederhana di Skotlandia dan menjadi bagian dari militer setelah bergabung dengan Royal Marines alias Marinir Kerajaan Inggris. Sayangnya, pria kelahiran London, 10 Maret 1964 ini mundur dari marinir pada 1987 saat menjalani pelatihan komando.

Edward lalu menjadi pengusaha dan mendirikan Ardent Production Ltd. pada 1993. Perusahaan ini membuat program sejarah keluarga kerajaan. Namun akhirnya usaha Edward ditutup pada 2009 karena tak bisa mendapatkan keuntungan. Meskipun begitu, Edward mengaku bangga bisa anak raja pertama yang mendirikan perusahaan swasta.

Edward menikah dengan Sophie Rhys-Jones yang kini bergelar Sophie, Countess of Wessex pada 1999. Pernikahan mereka membuahkan dua orang anak dan Edward diangkat dengan gelar Earl Wessex dan Viscount Severn pada hari pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.