Sukses

Setelah Ratu Elizabeth II Meninggal, Serial The Crown Dihentikan Penayangannya

Dilansir dari Variety, musim keenam The Crown kumungkinan akan dihentikan untuk sementara setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022). Publik dunia mengirimkan ucapan duka cita mendalam. Dan, sejumlah perubahan terkait Sang Ratu agaknya bakal terjadi. Misalnya soal serial The Crown.

Dilansir dari Variety, musim keenam The Crown kemungkinan akan dihentikan untuk sementara setelah Ratu Elizabeth II mangkat. Meski belum ada penjelasan detail, namun keputusan ini sebenarnya tidak mengejutkan.

Maklumlah. serial keluaran Netflix ini memang mengangkat cerita tentang kehidupan Sang Ratu. Termasuk anggota-anggota keluarga kerajaan lainnya yang berperan penting dalam masa kekuasaan Her Majesty Queen, seperti  Putri Diana.

Bergenre drama-sejarah, serial ini menggambarkan setiap event penting yang terjadi dalam keluarga kerajaan secara dramatis. Walau memiliki unsur fiksi, banyak penonton mempercayai semua intrik-intrik yang ditampilkan mengenai salah satu keluarga terpengaruh di dunia itu memang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Crown di Mata Ratu Elizabeth II

Sepanjang serial The Crown ditayangkan, Ratu Elizabeth II tidak pernah memberikan tanggapan resmi sama sekali. Namun dilansir dari Sunday Express di tahun 2017, keluarga kerajaan disebut-sebut sempat menonton musim pertama yang berjumlah 10 episode. Dikatakan bahwa Ratu Elizabeth menyukai serial itu, walau menurutnya beberapa peristiwa terlalu didramatisir.

Namun pada musim kedua, disebutkan nenek Pangeran Harry itu tidak menyukai. Soalnya dalam serial itu ada penggambaran Pangeran Philip yang tidak bersimpati kepada Pangeran Charles.

Lalu pada 2019, jelang perilisan musim ketiga, sekretariat keluarga kerajaan mengirim surat kepada The Guardian soal akurasi serial The Crown.

3 dari 4 halaman

Tidak Diberi Restu

“Keluarga kerajaan tidak pernah setuju untuk memeriksa atau menyetujui konten (cerita yang ditampikan). Tidak pernah bertanya untuk mengetahui topik apa yang akan dimasukan. Dan tidak akan pernah menunjukan pandangan mengenai keakuratan program (serial The Crown)” bunyi salah satu bagian dari isi surat tersebut.

Kritik juga disampaikan pada musim keempat. Dilansir dari Daily Mail, kali ini kritik datang dari salah satu orang dalam di keluarga kerajaan. “So many of the things being depicted don’t represent the truth (banyak hal yang digambarkan tidak mewakili kebenaran).” tanggapan orang tersebut mengeni musim keempat.

4 dari 4 halaman

Pemeran Ratu Elizabeth II

Sejauh ini, pemeran untuk tokoh Ratu Elizabeth II di setiap dua musim selalu berganti. Pada November 2016 dirilis pertama kali serial ini dan kemudian di tahun selanjutnya musim kedua hadir. Pada dua musim pertama ini, ratu Elizabeth diperankan oleh Claire Foy (First Man, The Girl in the Spider’s Web).

Pada musim ketiga di 2019 dan musik keempat di 2020, Ratu Elizabeth II diperankan oleh Olivia Coleman (The Favourite, Fleabag). Lalu di musim kelima yang akan dirilis November 2022 dan juga musim keenam yang nasibnya belum diketahui, Ratu Elizabeth II diperankan Imelda Staunton yang sebelumya muncul sebagai Dolores Umbridge di seri film Harry Potter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.