Sukses

Desainer Franklin Firdaus Suarakan Semangat Bhineka Tunggal Ika Dalam Koleksi Busana Mystery of Borneo

Desainer Franklin Firdaus pamer 20 koleksi busana bertajuk Mystery of Borneo. Ini refleksi keindahan budaya Kalimantan, bagian Indonesia yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta Desainer Franklin Firdaus memamerkan 20 koleksi busana, terinpirasi dari keragaman Indonesia yang bersemboyan Bhineka Tunggal Ika. Kedua puluh koleksi busana ini bertema Mystery of Borneo.

Pergelaran busana ini dihelat di lobi Pendopo The Apurva Kempinski Bali pada 3 September 2022. Ini sejalan dengan semangat Unity in Diversity yang diusung resor bintang lima tersebut sepanjang 2022.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar awal pekan ini, Franklin Firdaus yang dikenal lewat lini busana Franksland berlinang air mata mengingat betapa kayanya budaya Indonesia dan ini patut dibanggakan sekaligus dilestarikan.

Menjawab tantangan The Apurva Kempinski Bali untuk menampilkan keindahan Kalimantan dalam motif dan warna bukan hal mudah bagi sang perancang busana. Ia harus bisa mewakili Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur, hingga Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mewakili Kalimantan

“Bagaimana bisa mewakili semua kawasan Kalimantan agar seimbang dan harmonis. Sebagai fashion designer ini sangat menantang dan ini proyek yang luar biasa. Ketika The Apurva Kempinski Bali menawarkan itu, jiwa saya merasa luar biasa,” katanya.

“Saya belum banyak melakukan kontribusi untuk budaya. Saat ini yang bisa saya lakukan, melalui fashion karena memang keahlian saya di situ,” ungkap Franklin Firdaus dengan air mata berlinang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Motif dan Warna

Judul Mystery of Borneo dipilih karena sebagai salah satu pulau paling besar di Indonesia bahkan dunia, Kalimantan belum sepopuler Bali. Padahal, pulau ini tak kalah indah dan punya tradisi agung termasuk kain-kainnya yang elok.

“Padahal tekstil Kalimantan itu benar-benar vibrant. Ada banyak sejarah di balik motif termasuk warna dan proses pembuatannya. Sebenarnya itu bisa diimplementasikan di waktu sekarang kalau kita bicara tren,” ia mengulas.

 

4 dari 4 halaman

Keindahan Budaya Kalimantan Terpancar

Franklin Firdaus membeberkan koleksinya terinspirasi dari kegiatan sehari-hari masyarakat Kalimantan seperti menenun, bertani, hingga baju ibu hamil. General Manager The Apurva Kempinski Bali, Vincent Guironnet, menyambut hangat 20 koleksi Franklin Firdaus.

“Keindahan budaya Kalimantan sungguh terpancar melalui panggung kami bersama Franklin Firdaus. Kami harap, melalui acara ini orang-orang makin mengapresiasi budaya Indonesia,” Vincent Guironnet berharap.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.