Kalahkan Black Panther, Top Gun: Maverick Jadi Film Terlaris Nomor Lima di AS

Oleh Dito Pramudyaseta pada 08 Sep 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 14:00 WIB
Poster film Top Gun: Maverick. (Foto: Dok. Paramount Pictures/ IMDb)
Perbesar
Poster film Top Gun: Maverick. (Foto: Dok. Paramount Pictures/ IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Bila ditanya film apa yang paling mengejutkan di tahun 2022 ini, mungkin Top Gun: Maverick adalah jawabannya. Siapa yang mengira sekuel dari film 80-an ini akan mendapatkan respon sangat positif dari penonton dan sukses besar secara komersial. Terbaru, film Top Gun: Maverick menjadi film terlaris kelima di box office Amerika Serikat.

Box Office Mojo mengklaim bahwa Top Gun: Maverick telah berhasil menyentuh penghasilan sebesar US$701,2 juta (08/09/2022) di negara asalnya. Dengan angka itu, film bertema pesawat tempur ini berhasil mengalahkan pemilik posisi kelima sebelumnya, yakni Black Panther yang dirilis pada tahun 2018 dan berhasil mendapatkan penghasilan domestik sebesar 700,4 juta dolar AS.

Top Gun: Maverick hanya berada di belakang empat film lainnya dalam daftar film terlaris sepanjang masa tingkat domestik, yakni Avatar (2009) dengan $760.5 juta dolar, Spider-Man: No Way Home (2021) dengan US$$811,3 juta, Avengers: Endgame (2019) dengan 858,4 juta dolar AS, dan sang juara bertahan yakni Star Wars: The Force Awakens (2015) dengan 936,7 juta dolar AS.

Sayangnya, Top Gun: Maverick kemungkinan besar tidak akan naik posisi lagi dalam daftar itu. Perbedaan 60 juta dolar dengan posisi keempat terbilang sangat besar mengingat film ini sudah berada di minggu ke-15 pemutaran bioskop dan sudah dirilis secara legal dalam bentuk digital. Selain itu, film-film besar lain juga akan segera dirilis pada bulan ini, seperti misalnya Don't Worry Darling yang dibintangi Florence Pugh, Harry Styles, dan Chris Pine.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Worldwide

Poster film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)
Perbesar
Poster film Frozen 2. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Top Gun: Maverick saat ini berhasil mengumpulkan penghasilan sekitar US$1,44 milyar, dengan pembagian di tingkat domestik sebesar 700.4 juta dolar AS dan di tingkat internasional sekitar US$740 juta. Dengan begitu, Top Gun: Maverick berhasil tercatat sebagai film terlaris sepanjang masa nomor 12.

Top Gun: Maverick hanya berselisih sekitar US$8,3 juta dari posisi kesebelas, yakni film animasi hit keluaran Disney, Frozen II yang dirilis pada tahun 2019 lalu. Masih ada kemungkinan untuk Top Gun: Maverick menyalip Frozen II, namun apa itu akan terjadi atau tidak tentu hanya waktu yang dapat menjawab.


Rekor-Rekor Top Gun: Maverick

Spider-Man: No Way Home.
Perbesar
Poster film Spider-Man: No Way Home. (Foto: Dok. Columbia Pictures/ IMDb)

Pencapaian di tingkat domestik itu semakin menambah rekor Top Gun: Maverick. Selain rekor itu, Top Gun: Maverick juga berhasil menjadi film Tom Cruise terlaris dengan mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Mission: Impossible – Fallout (2018) dengan US$791.6 juta. Top Gun: Maverick juga menjadi satu-satunya film Tom Cruise yang berhasil menyentuh angka US$1 miliar.

Selain itu, film berdurasi 130 menit besutan Joseph Kosinski ini telah menjadi film 2022 terlaris. Mungkin hanya sisa film Black Panther: Wakanda Forever yang dapat bersaing untuk title ini. Lalu Top Gun: Maverick juga mencatatkan namanya sebagai film kedua di era pandemi yang berhasil menyentuh angka $1 miliar dolar. Sebelumnya hanya Spider-Man: No Way Home yang berhasil meraih pencapaian ini pada Desember 2021 lalu.


Top Gun dan Top Guns

Salah satu film yang unsur suaranya dipoles Rick Kline, Top Gun. (Foto: Dok. Paramount Pictures)
Perbesar
Salah satu film yang unsur suaranya dipoles Rick Kline, Top Gun. (Foto: Dok. Paramount Pictures)

Pencapai-pencapaian ini sangat terasa memuaskan bagi para kru dan aktor yang terlibat, terlebih mengingat lika-liku dalam perilisan filmnya. Pada awalnya film ini akan dirilis pada Juli 2019, namun ditunda hingga tahun 2020. Saat akan dirilis pada tahun 2020, film ini ditunda lagi karena Corona virus. Setelah ditunda selama hampir tiga tahun, akhirnya Top Gun: Maverick dirilis pada akhir Mei 2022 lalu.

Film Top Gun: Maverick masih berlatar di akademi penerbangan dan misi-misi berbahaya para penerbang, sama seperti film pertamanya, Top Gun, yang dirilis pada tahun 1986. Top Gun dinilai sangat sukses saat itu dan bahkan mendapatkan empat nominasi Oscar. Film Top Gun terinspirasi dari artikel Ehud Yonay pada tahun 1983 di California Magazine, berjudul "Top Guns".

[INFOGRAFIS] Film-Film di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Perbesar
Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya