Sukses

Sinopsis Lara Ati dan Inspirasi di Baliknya, Bayu Skak: Mewakili Diri Saya Sendiri

Bulan September ini, tepatnya pada tanggal 15 September 2022, film bernuansa kedaerahan Lara Ati akan dirilis di bioskop. Filmnya memiliki tema yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Bulan September ini, tepatnya pada tanggal 15 September 2022, film bernuansa kedaerahan Lara Ati akan dirilis di bioskop. Film bergenre komedi dan drama besutan Bayu Skak ini selain lucu juga akan memiliki tema yang sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Film Lara Ati berkisah mengenai Joko, yang dikenal sebagai pemuda pekerja keras. Saat kekasihnya, Farah, meninggalkannya demi pria lain, Joko mengalami sakit hati yang luar biasa dan harus menghadapi kenyataan bahwa hidup berjalan di luar rencana dan keinginannya.

Selain masalah cinta, masalah juga datang dari sudut lain. Ternyata Joko tidak menyukai pekerjaannya di bank dan setiap ingin mencari pekerjaan sesuai cita-citanya, orangtuanya tidak mendukung sama sekali. Karena kedua masalah ini, sahabatnya berusaha untuk menghiburnya walau sia-sia.

Dalam kesedihan ini, takdir masih tersenyum dan mempertemukan Joko kembali dengan teman masa kecilnya, Ayu, yang juga sedang mengalami masalah dengan pacarnya, Alan. Sama-sama memiliki masalah dalam urusan percintaan, keduanya kembali menjadi akrab dan sepakat untuk saling membantu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Balik Judul

Bayu Skak menjelaskan bahwa judul Lara Ati tidak hanya merujuk pada sakit hati dalam urusan percintaan. Lara Ati juga merujuk pada urusan kehidupan lainnya. Misalnya di film ini yang juga berkutat pada permasalahan gagalnya meraih cita-cita yang diinginkan.

Lara Ati itu gak melulu sakit hati, namun lebih ke tekanan quarter life crisis, yak. Diceritakan Joko itu kehidupannya sangat tertekan sekali, di mana orangtuanya selalu saja ingin dia jadi sukses, tapi sukses di pemikiran orangtuanya adalah Joko memakai dasi (bekerja di kantor).” ucap Bayu dalam konferensi pers film ini di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Terinspirasi Kisah Sendiri

Bayu lanjut menjelaskan bahwa ide cerita ini terinspirasi dari kehidupannya, “Itu tipikal orangtua saya sendiri. Jadi ketika saya berpikir ide ceritanya di awal (pembuatan), saya sebenarnya curhat sendiri sih ke film ini, bahwa (film) ini pun mewakili diri saya sendiri,”

Dia merasa bahwa permasalahan ini terasa pas untuk orang-orang yang sudah mencicipi manis-pahitnya kehidupan, “Masing-masing dari kita, pastinya pernahlah dalam hidup melakukan sesuatu, tapi (itu) tidak yang (kita) inginkan. Orangtua yang menginginkan itu," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Lara Ati

Lara Ati dibintangi Bayu Skak sebagai Joko, Tatjana Saphira sebagai Ayu, Keisya Levronka sebagai Ajeng, Sahila Hisyam sebagai Farah, dan Ciccio Manassero sebagai Alan. Film berdurasi hampir dua jam ini adalah kerja sama Bayu Skak dengan BASE Entertainment.

Film ini kental dengan unsur Jawanya, sama seperti karya-karya Bayu sebelumnya. Selain dalam judul, kebudayaan Jawa juga tampil dalam bentuk dialog para tokoh. Untuk penonton yang tidak mengerti bahasa Jawa, tentu tidak perlu khawatir karena film ini dilengkapi subtitle bahasa Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.