Sukses

Kondisi Ruben Onsu Terkini Dibeberkan Sarwendah ke Ashanty, Belum Sembuh dan Masih Tahap Observasi

Kabar terbaru Ruben Onsu yang mengejutkan datang dari sang istri, Sarwendah saat dikunjungi oleh salah seorang sahabat sesama selebriti, Ashanty.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kesehatan Ruben Onsu hingga kini masih belum menunjukkan perkembangan berarti. Seperti diketahui, ayah tiga anak itu divonis menderita Empty Sella Syndrome serta penyumbatan di sumsum tulang belakang. Bahkan, sang presenter sempat mengungkapkan kekhawatiran mengenai usianya.

Kabar terbaru Ruben Onsu datang dari sang istri, Sarwendah. Saat dikunjungi oleh salah seorang sahabat sesama selebriti, Ashanty, Sarwendah secara tabah mengatakan bahwa kondisi sang suami masih belum pulih, bahkan hingga kini masih dalam tahap observasi.

Dalam kunjungan Ashanty itu, Sarwendah awalnya membahas seputar hal mistis di rumahnya itu serta kondisi terbaru Ruben Onsu. Membahas sang suami, Sarwendah awalnya menjabarkan kronologis penyakit yang diderita oleh Ruben Onsu tersebut.

Sarwendah membeberkaan bahwa penyakit yang diderita Ruben Onsu membuatnya kekurangan protein dalam sel-sel darah merah alias hemoglobin. Kondisi itu membuat Ruben berada dalam kondisi kekurangan darah dengan jumlah banyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Protein Sel Darah Merah

Meskipun Ruben Onsu kekurangan hemoglobin, Sarwendah mengatakan bahwa pada saat ia dan suaminya sering memeriksakan darah, kondisi mereka berdua terbilang normal.

"Kalau misalnya Bensu itu tiba-tiba Hbnya turun, darahnya habis. Dan istilahnya darah manusia itu biasa normal di 13 atau 14, dia tiba-tiba di 5. Jadi itu masuk kritis," ungkap Sarwendah seperti disampaikan di kanal YouTube The Hermansyah A6, diunggah Minggu (4/9/2022).

"Aku ingat banget pada saat aku sama dia rutin cek darah dua atau tiga bulan sekali, pasti cek dan aman terus. Karena posisinya dia hanya kolestrol naik sedikit kalau makannya lagi berantakan. Tapi naiknya juga kalo misalnya di 200 dia di 202, enggak naik parah, enggak. Sejauh itu aman terus-terusan," lanjut Sarwendah.

 

3 dari 4 halaman

Divonis Penyakit Kronis

Rupanya kondisi aman tersebut tak berlangsung lama. Beberapa hari kemudian, pihak medis mengatakan bahwa Ruben sedang dalam kondisi rentan

"Tiba-tiba pas hari itu, orangnya menelepon yang biasa tempat aku cek darah, 'Itu pak Ruben sudah masuk kritis.' Terus gua, 'Masuk kritis gimana nih? orangnya masih syuting,'" ujar Sarwendah mengulang perbincangan itu.

"Aku kasih tahu, terus bensu juga kaget kan, 'Masa darah gua enggak ada?'" sambung Sarwendah meniru kalimat dari mulut suaminya.

 

4 dari 4 halaman

Masih Observasi

Setelah itu, Ashanty pun menanyakan kepada Sarwendah apakah kondisi Ruben saat ini berasal dari faktor kelelahan ataukah ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Jawaban Sarwendah pun membuat Ashanty terkejut.

"Enggak tau deh, maksudnya sekarang ini masih observasi," ujar Sarwendah.

"Ini sekarang masih?" ceplos Ashanty merespons terkejut.

"Masih di tahap observasi. Takutnya juga ke autoimun tapi autoimun juga masih banyak macamnya, kan," sahut Sarwendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.