Sukses

Ernest Prakasa Beberapa Kali Kerja Bareng Korban Dugaan Kekerasan yang Dilakukan Andi Bachtiar Yusuf: Enggak Percaya Dia Bikin Gara - Gara

Ernest Prakasa megimbau kepada seluruh insan perfilman untuk berani bersuara jika mengalami hal yang tidak mengenakkan di lingkungan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Andi Bachtiar Yusuf beberapa waktu belakangan menjadi pembicaraan publik. Sutradara yang mengklaim dirinya sebagai sutradara terganteng itu dituding melakukan kekerasan terhadap salah satu kru perempuan.

Isu ini tentunya juga menjadi perhatian seluruh insan perfilman. Salah satu yang juga ikut "mengawal" masalah ini adalah Ernest Prakasa.

Melalui Twitter-nya, Ernest sudah menaruh perhatian kepada masalah kekerasan ini sejak isu tersebut mencuat di media sosial.

"Ada kabar sutradara laki-laki melakukan kekerasan verbal dan fisik ke kru perempuan. Gw pribadi memilih untuk menyebut nama pelaku apabila sudah mendapat izin dari korban. Kita tunggu perkembangan kasusnya," tulis Ernest Prakasa beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berani Bersuara

Benar saja, Ernest Prakasa selalu mengunggah perkembangan kasus ini. Termasuk juga dari respons Asosiasi Sutradara Indonesia. Ernest Prakasa kemudian megimbau kepada seluruh insan perfilman untuk berani bersuara jika mengalami hal yang tidak mengenakkan di lingkungan kerja khususnya di industri perfilman.

"Pernyataan resmi dari asosiasi sutradara Indonesia. Buat teman-teman kru semua, kalo ada tindakan kekerasan / pelecehan / lain-lain, jangan sungkan untuk speak out. Kita berjuang sama-sama demi lingkungan kerja yang lebih nyaman. 🤍," tulis Ernest Prakasa lagi.

 

3 dari 4 halaman

Klarifikasi

Tak hanya itu, Ernest Prakasa juga ikut mengunggah klarifikasi si korban kekerasan yang dituding mendapat tamparan karena sikapnya yang dianggap nyolot kepada Andi Bachtiar Yusuf. Dalam pernyataannya, korban memberikan alasan mengapa ia meninggikan suaranya saat berbicara dengan Andi Bachtiar Yusuf.

Alasannya adalah karena saat itu ia mengenakan masker, ditambah lagi di stage saat itu sedang check sound sehingga ia mengeraskan suaranya agar terdengar.

 

4 dari 4 halaman

Anak yang Ramah

Berkaitan dengan itu, Ernest Prakasa yang pernah beberapa kali terlibat kerja bareng si korban memberikan pembelaan dengan menyebut bahwa korban adalah anak yang ramah. Oleh karenanya, ia tidak percaya jika korban disebut kurang ajar.

"Gw pernah beberapa kali se-project dengan C, si korban. Anaknya tegas, ramah & cekatan. Gw nggak akan percaya kalo dia dibilang cari gara-gara atau bersikap kurang ajar ke kru lain," tulis Ernest Prakasa lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.