Sukses

Mumun Tayang di Bioskop, 5 Faktanya Bikin Film Horor Komedi Ini Patut Ditonton

Film Mumun merupakan adaptasi sinetron Jadi Pocong karya komedian Mandra yang menyorot sepasang kekasih bernama Mumun dan Juned hingga keduanya terpisah oleh maut.

Liputan6.com, Jakarta Mumun, sebuah film horor terbaru persembahan sineas Indonesia yang disutradarai Rizal Mantovani di bawah Dee Company, telah diputar di bioskop-bioskop Tanah Air sejak hari ini (1/9/2022). Tak sekadar horor, remake dari sinetron era 2000-an ini juga menyampurkan unsur komedi di dalamnya.

Film adaptasi sinetron berjudul Jadi Pocong karya komedian Mandra ini menyorot sepasang kekasih bernama Mumun dan Juned, yang saling cinta namun keduanya dipisahkan oleh maut lantaran Mumun mengalami insiden kecelakaan maut yang merenggut nyawanya.

Dalam film horor komedi ini, aktris yang tampi sebagai Mumun adalah Acha Septriasa. Sementara Dimas Aditya dipercaya untuk memerankan Juned. Bahkan sang kreator, H. Mandra, ikut ambil peran dalam film ini bersama aktor sekaligus koreografer silat Volland Humonggio.

Menelusuri sejumlah fakta yang ada, terdapat beberapa elemen yang membuat film Mumun ini sangat menarik untuk ditonton. Tentu saja pemilihan pemain menjadi salah satu poinnya. Apa sajakah itu? Berikut deretannya, melansir dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bukan Sutradara Biasa

Nama Rizal Mantovani yang menyutradarai film ini bukanlah sosok sineas biasa. Ia sudah 24 tahun terjun di dunia film.

Bahkan, Rizal merupakan pemantik bergairahnya film Indonesia terutama genre horor pada awal 2001 dengan film Jelangkung setelah bioskop Indonesia sempat mengalami mati suri dari film-film lokal.

Selain Jelangkung, film-film horor seperti Kuntilanak, Gerbang Neraka, hingga Asih 2 mendapat tanggapan positif dari pengamat maupun penonton. 

3 dari 6 halaman

2. Sinetron Fenomenal 33 Episode

Menarik untuk menonton Mumun lantaran film ini diadaptasi dari serial televisi alias sinetron Jadi Pocong karya Mandra yang jumlahnya 33 episode sepanjang Juni 2002 hingga Oktober 2003.

Sinetron Jadi Pocong yang mengudara di Indosiar ini menyorot sosok Mumun yang memiliki mata berwarna hijau yang membuatnya fenomenal.

 

4 dari 6 halaman

3. Peran yang Sama untuk Mandra

Mandra yang pada 2002 turut tampil di sinetron Jadi Pocong karyanya itu, ikut serta di jajaran pemain sebagai karakter bernama Husein.

Menariknya, dalam film ini, ia kembali memerankan karakter bernama sama dengan panggilang Bang Husein. Karakter ini merupakan tukang gali kubur yang membuat sosok Mumun bangkit di dunia.

5 dari 6 halaman

4. Totalitas Acha

Mumun merupakan film horo kedua Acha Septriasa Septriasa setelah pada 2018 lalu ia tampil dalam Jaga Pocong. Menariknya, untuk film ini Acha tak tampil setengah-setengan.

Diketahui, sepanjang film ini Acha tak menggunakan pemain pengganti sama sekali.

6 dari 6 halaman

5. Aktor Nomine Penghargaan Bergengsi

Deretan artis dalam film ini mulai dari Acha Septriasa, Dimas Aditya, Mandra, hingga Volland Humonggio sama-sama pernah masuk nominasi penghargaan bergengsi.

Selain menjadi nomine, ada juga yang memenangkan piala. Lihat saja Acha yang menjadi nomine di banyak penghargaan film dan pernah menyabet piala di Festival Film Indonesia, Indonesian Movie Actors Awards, Piala Maya, hingga Festival Film Bandung.

Sementara Dimas Aditya pernah masuk nominasi Festival Film Indonesia dan Piala Maya. Volland Humonggio pernah jadi Pendatang Baru Pria Terpilih di Festival Film Jakarta dan memenangkan penghargaan serupa di Indonesian Movie Actors Awards.

Mandra pun pernah masuk nominasi di Festival Film Indonesia 2019 berkat penampilannya di film Si Doel the Movie 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.