Sukses

Cinta Laura dan 5 Artis Cewek Merangkap Aktivis Sosial serta Lingkungan Hidup, Ada yang Pernah Jadi Duta HAM

Cinta Laura dan deretan selebritas wanita berikut ini tak berpikir dua kali untuk terjun sebagai aktivis sosial dan lingkungan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi artis sukses bergelimang harta, tak membuat para selebritas Indonesia kehilangan kepedulian terhadap masyarakat yang kesulitan dan butuh bantuan. Sosok artis seperti Cinta Laura diam-diam memiliki rasa peduli yang besar terhadap isu sosial maupun lingkungan hidup.

Cukup banyak artis wanita di Indonesia seperti Cinta Laura yang tak berpikir dua kali untuk terjun sebagai aktivis sosial dan lingkungan hidup. Kiprah mereka pun sempat diwarnai sejumlah aksi independen maupun aktif di beberapa kegiatan resmi.

Saking aktif membenahi lingkungan hidup serta isu sosial, sampai ada artis wanita yang dipercaya menjadi duta untuk berbagai aspek. Salah satunya sempat ditunjuk sebagai Duta HAM bidang lingkungan hidup.

Siapa sajakah artis wanita di Indonesia yang tak segan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan sosial dengan terjun sebagai aktivis? Berikut deretan namanya, melansir berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cinta Laura

Di balik kesuksesannya sebagai aktris sekaligus penyanyi, Cinta Laura memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi terhadap lingkungan hidup dan isu-isu sosial.

Dari situlah Cinta Laura memberanikan diri terjun sebagai aktivis dengan cara elegan. Salah satunya dengan membuka yayasan milik keluarga, Yayasan Sukaseno.

Cinta Laura yang lulus cumlaude dari Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat, selama ini kerap membenahi pendidikan di daerah terpencil. Ia memiliki sekolah gratis.

Kiprah Cinta bahkan membuatnya ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

3 dari 7 halaman

2. Nadine Chandrawinata

Ada satu artis yang ditunjuk sebagai Duta HAM bidang lingkungan hidup karena aksi-aksinya selama menjadi aktivis. Ia adalah Nadine Chandrawinata. Menariknya, setelah menjadi duta pada 2015, Nadine dipercaya sebagai Duta Wisata Bahari pada 2017 dan Duta Gajah Sumatra pada 2019.

4 dari 7 halaman

3. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo yang pertama kali dikenal dalam film Ada Apa dengan Cinta? memiliki kepedulian yang besar terhadap isu sosial, pendidikan, budaya, hingga pemberdayaan perempuan.

Bahkan, pada beberapa kesempatan, Dian kedapatan menggaungkan kampanye peduli terhadap sampah plastik kepada masyarakat.

Tak sekadar menjadi aktivis di jalan, ia menunjukkan keseriusan dalam hal kepedulian terhadap isu-isu tersebut dengan mendirikan yayasan bersama sang ibunda.

 

5 dari 7 halaman

4. Raline Shah

Pesona Raline Shah juga selaras dengan inner beauty-nya. Aktris yang beken sejak main film 5 cm ini sangat peduli dengan kebersihan lingkungan. Bahkan, Raline kedapatan pernah mengambil sampah di Pantai Sanur, Bali. 

Raline juga dikenal sangat aktif dalam menyuarakan ajakan agar masyarakat makin peduli dengan kebersihan lingkungan.

Tak sampai di situ, Raline juga turut membantu menggalang dana kegiatan peduli hutan dan satwa liar.

6 dari 7 halaman

5. Chelsea Islan

Chelsea Islan juga memiliki kepedulian yang besar dalam membenahi isu sosial. Ia juga kerap mengajak masyarakat peduli kepada lingkungan termasuk permasalahan sampah rumah tangga.

Selain misi penyelamatan lingkungan, Chelsea Islan berkali terlibat dalam misi sosial, pendidikan, dan kemanusiaan. Salah satu wujud nyatanya dengan menggalang dana bagi anak-anak dari keluarga tak mampu di Indonesia Timur.  

7 dari 7 halaman

6. Tasya Kamila

Kalau ditanya siapa mantan artis cilik yang paling aktif menunjukkan kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan, Tasya Kamila jawabnya.

Ia berkali terlibat dalam kegiatan penghijauan di beberapa daerah di Indonesia. Ia juga pernah membuat proyek Energy Empowered Village di Desa Tanggedu, Kabupaten Sumba Timur.

Selain itu, Tasya Kamila peduli isu "Save Lagu Anak-anak."

Kepeduliannya terhadap isu ramah lingkungan ditunjukkan dengan mendirikan yayasan pendidikan agar bisa mengedukasi masyarakat mengenai lingkungan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.