Sukses

Aliando Syarief Blak-blakan Soal Mengidap OCD, Netizen Banyak yang Dibuat Sedih

Aliando Syarief baru-baru ini terlihat berbicara banyak soal gangguan OCD yang diidapnya saat berbincang dengan Ricky Cuaca.

Liputan6.com, Jakarta Aliando Syarief beberapa waktu lalu sempat menyampaikan kepada publik di media sosial secara singkat bahwa dirinya mengalami gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Namun setelah itu, ia tak membahasnya secara detail sembari mengurangi kegiatan di dunia akting.

Hingga akhirnya, Aliando Syarief baru-baru ini terlihat berbicara banyak soal gangguan OCD yang diidapnya saat tampil di kanal YouTube Ricky Cuaca. Dalam penjelasannya, aktor yang akrab disapa Ali itu membeberkan awal mula ia mengidap gangguan tersebut.

Setelah membuka perbincangan dengan obrolan santai, Ricky Cuaca akhirnya mengajak Aliando untuk membahas soal OCD. Ricky Cuaca pun mengawalinya dengan bertanyak kondisi terkini Ali.

"Sembilan puluh sembilan persen (membaik)," ujar Ali dalam video yang diunggah baru-baru ini.

"Jujur, bukan karena penyakit OCD gue menghilang, OCD hanyalah dampak dari masalah ini. Ini kriminalitas, jadi ada kasus kriminal yang terjadi di rumah gue, habis itu terkena lah gue OCD," kata Aliando pada saat menyampaikan lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Pahit

Aliando memang tidak bisa menjelaskan secara detail permasalahan yang dialaminya. Namun ia memberikan gambaran besar bahwa dirinya saat itu mengalami kekerasan secara psikis.

"Kalau bisa dibilang, kasus gue ini hampir ada namanya domestic abuse. Kayak gue dipaksa untuk bekerja, menduiti mereka. Kalau enggak, gue disiksa," terang Ali.

"Manipulasinya lebih ke psikis, aku kan dijahati, ada yang namanya emotional abuse. Di sana abuse-nya kena ke dalam mental gue," sambung Aliando.

 

3 dari 3 halaman

Kesedihan Netizen

Lantaran pengakuan Aliando tersebut, sejumlah netizen alias warganet mengaku sedih dengan pengalaman hidup sang aktor yang sempat dihantui oleh gangguan OCD.

"...di tahun ini baru tau kalau dia ngidap OCD sedih banget jujur walaupun udh gk ngefans lagi aku tetep berharap Ali bisa sembuh kembali dan aktif lagi di dunia entertainment we love you. Bang Ali," kata seorang netizen sekaligus penggemar Ali, Len***.

"Sedih dengernya, tapi tetep bangga sama Abang bisa lewati masalah sebesar itu. Semoga makin kuat makin sabar dan makin sukses buat setiap karya-karya nya, kita sebagai fans akan selalu ada dibelakang abang, love you bang :)," tulis Iya***.

"Pas dnger suatu ketika dya kabur keliling jawa seorang diri...Ya Allaah nangiss bgdd ...sediih..ksiaan...ga bs bayangin bagaimana dan apa yg saat itu Ali rasain...Y....," tulis Yun***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.