Sukses

Arti Open Mic yang Jadi Isu Panas di Kalangan Komika, Di Luar Negeri Istilah Ini Lazim Dipakai Musikus dan Pembaca Puisi

Polemik istilah open mic menjadi hak kekayaan intelektual menjadi isu panas di kalangan komika atau stand up comedian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Istilah Open Mic ramai diperbincangkan selama beberapa pekan terakhir. Istilah ini sudah didaftarkan sebagai merek dagang ke Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Kemenkumham oleh komedian Ramon Pratomo atau lebih dikenal dengan nama Ramon Papana sejak 2013. Akibatnya, pada 2019, komika Mo Sidik mendapat somasi lantaran memakai istilah Open Mic dalam sebuah acara stand up comedy.

Ini membuat beberapa komika keberatan. Pada 25 Agustus 2022, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Adjis Doaibu bersama sejumlah komika yang tergabung dalam komunitas Stand Up Comedy Indonesia melayangkan gugatan untuk pembatalan merek dagang Open Mic ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

"#OpenMicMilikPublik, bukan milik orang serakah yang oportunis. Hari ini @Standupindo menggugat ke pengadilan agar pendaftaran hak merk “open mic” dibatalkan secara hukum," twit Ernest beberapa waktu lalu.

Open Mic sendiri sebenarnya merupakan istilah dari bahasa Inggris. Apa arti sebenarnya? Berikut Showbiz Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/08/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Open Microphone

Diterjemahkan dari laman English Wikipedia, open mic atau open mike merupakan kependekan dari open microphone. Open mic berarti pertunjukan langsung di sebuah panggung, bisa kedai kopi, kafe, tempat hiburan malam hingga klub khusus komedian.

Kegiatan ini bisa dilakukan baik oleh profesional atau amatir. Biasanya kegiatan open mic dilakukan individu, lantaran luas panggung dan perlengkapan yang tersedia tidak dimaksudkan untuk banyak orang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Tak Harus Komedi

Istilah open mic memang lebih identik dengan dunia komedi, baik dalam format sketsa maupun stand up. Namun di negera Barat, open mic juga lazim digunakan bagi kaum musikus yang hendak menunjukkan karya musik mereka.

Open mic biasanya dilakukan musikus baru yang tampil secara akustik di kafe atau tempat hiburan, membawakan lagu ciptaan mereka secara akustik. Lebih luas lagi, open mic juga menggambarkan kegiatan para seniman puisi yang membaca puisi karyanya atau orang lain di tempat umum.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Lain

Di kalangan komika Indonesia, istilah open mic juga kerap dipakai ketika seorang komika melakukan uji materi sebelum tampil di acara besar. Di Inggris, terdapat acara kontes menyanyi berjudul Open Mic UK. Salah satu penyanyi yang kariernya melesat setelah menjadi juara kontes ini adalah Birdy.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.