Sukses

6 Fakta Top Gun Maverick: Raup Pendapatan Rp 20,7 Triliun, Kini Bisa Diakses Legal di Platform Streaming

Top Gun Maverick jadi film Tom Cruise paling laris setelah membukukan pendapatan 1,405 miliar dolar AS dari seluruh dunia atau sekitar 20,78 triliun rupiah.

Liputan6.com, Jakarta Top Gun: Maverick menjadi catatan penting dalam karier Tom Cruise. Karya sineas Joseph Kosinski ini menjadi film pertama Tom Cruise yang tembus pendapatan kotor 1 miliar dolar AS dari seluruh dunia.

Top Gun: Maverick adalah sekuel Top Gun yang dirilis pada 1986. Di Indonesia, sekuel ini mengudara pada Mei 2022 dan disambut hangat publik. Kini, Top Gun: Maverick bisa disaksikan secara legal via platform streaming.

Adalah Catchplay+ yang membawa Top Gun: Maverick per 24 Agustus 2022. Bagi yang belum sempat menonton di bioskop, para pencinta film bisa menemui Tom Cruise, Jennifer Conelly, Miles Teller, dan kawan-kawan via OTT.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini menghimpun 6 fakta dari balik layar Top Gun: Maverick. Bagi yang ingin menonton ulang sambil kangen-kangenan dengan Tom Cruise, silakan lo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dikembangkan Sejak 2010

Megaproyek Top Gun: Maverick melewati proses berliku. Empire Online mengabarkan, sekuel ini diumumkan pada 2010 oleh Paramount Pictures. Tom Cruise bersama produser Jerry Bruckheimer dan sutradara Tony Scott, diminta kembali.

Sayangnya, Tony Scott meninggal pada akhir 2010 dan proyek ini diendapkan. Beberapa tahun setelahnya, proyek Top Gun: Maverick ditata ulang untuk mengenang almarhum Tony.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Syuting Dari 2018 ke 2019

Titik terang proyek Top Gun: Maverick terlihat pada 2017. Pihak studio mengumumkan Joseph Kosinski sebagai sutradara. Syuting dengan kamera full-frame 6K bersertifikat IMAX digelar mulai Mei 2018 hingga April 2019.

Deadline melaporkan, pengambilan gambar dilakukan di California, Washington, dan Maryland, AS. Tanggal rilis mulanya 12 Juli 2019 namun terkoreksi berkali-kali hingga tahun 2022 menjadi pilihan terakhir.

 

4 dari 7 halaman

3. Tembus 1,4 Miliar AS

Wabah Covid-19 membuat sejumlah perusahaan OTT menggoda Paramount Pictures untuk merilis Top Gun: Maverick di platform streaming. Tom Cruise yang juga menjabat produser berkukuh merilis film ini eksklusif di bioskop. Sebuah pilihan yang kini tak disesali.

Box Office Mojo mewartakan, pada 23 Agustus 2022, Top Gun: Maverick meraup 685,1 juta dolar di AS dan Kanada, serta 720 juta dolar AS di kawasan lain. Pendapatan totalnya yakni 1,405 miliar AS atau sekitar 20,78 triliun rupiah. Wow!

 

5 dari 7 halaman

4. Melibas Mission: Impossible - Fallout

Walhasil, Top Gun: Maverick menjadi tonggak sejarah baru dalam karier Tom Cruise. Film ini melibas Mission: Impossible - Fallout yang sebelumnya jadi film Tom Cruise paling laris.

Deadline mencatat, pada 17 Juni 2022, Mission: Impossible - Fallout jadi film dengan pendapatan kotor tertinggi dalam karier Tom Cruise setelah melewati 800 juta dolar AS di seluruh dunia.

 

6 dari 7 halaman

5. 1 Miliar Kedua di Era Wabah

Sementara Variety melaporkan, pada 26 Juni 2022, pendapatan kotor Top Gun: Maverick telah melampaui 1 miliar dolar AS. Ia menjadi film kedua yang tembus semiliar dolar di era wabah.

Film pertama yang berhasil melakukannya yakni Spider-Man: No Way Home yang berhasil menyatukan Tom Hollad, Tobey Maguire, dan Andrew Garfields dengan angka fantastis 1,9 miliar dolar AS.

 

7 dari 7 halaman

6. Tayang di Platform Streaming

Country Manager Catchplay+, Dhini W Prayogo, membenarkan bahwa Top Gun: Maverick kini bisa diakses secara legal via Catchplay+. “Top Gun: Maverick hadir bagi penggemar film di Indonesia. Film ini bisa dinikmati dari rumah mulai 24 Agustus 2022,” katanya.

“Yang ingin nonton film klasik penuh adegan menegangkan atau belum sempat nonton di bioskop, film ini bisa disewa hanya dengan harga 22 ribu rupiah saja,” imbuh Dhini W. Prayogo lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (24/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.