Sukses

HUT SCTV ke-32 Xtraordinary: Nostalgia 6 Sinetron Remaja yang Populer pada Masanya, Para Pemain Kini Jadi Bintang Papan Atas

Sejumlah sinetron remaja yang pernah tayang di SCTV tak hanya meraih rating tinggi, tapi juga mendongkrak karier pemainnya.

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 24 Agustus besok SCTV akan merayakan ulang tahun yang ke-32. Saluran televisi Satu Untuk Semua ini selalu menyajikan program yang variatif dan fresh, hingga disukai penonton TV. Program sinetron tak pernah absen mengisi layar SCTV sejak era 90-an.

Dalam menayangkan sinetron, SCTV memiliki beragam genre. Paling banyak tentu drama percintaan berbalut konflik keluarga yang memikat. Salah satu genre yang banyak diminati pemirsa juga kerap menghiasi layar SCTV, yakni sinetron remaja.

Sejak era 2000-an, SCTV menghadirkan sejumlah sinetron remaja yang berhasil meraih atensi pemirsa. Kisah yang menarik hingga kemasan yang disesuaikan dengan zaman, berhasil membuat sejumlah sinetron remaja berumur panjang.

Tak hanya sinetronnya, para pemainnya pun juga ikut terdongkrak kariernya. Dalam rangka HUT SCTV ke-32, berikut 6 sinetron remaja hit yang pernah tayang di SCTV, dirangkum Showbiz Liputan6.com, Selasa (23/08/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Inikah Rasanya

Siapa yang tak kenal Alyssa Soebandono dan Nia Ramadhani? Jauh sebelum namanya populer seperti sekarang, dua artis cantik ini adu akting dalam sinetron Inikah Rasanya. Diproduksi Rapi Films, Inikah Rasanya tayang mingguan sejak 1 September 2003 hingga 12 Juli 2005, dengan jumlah 98 episode.

Sinetron yang menceritakan persahabatan dan kisah cinta monyet anak SMP dikemas kekinian sesuai zamannya. Sinetron ini juga menampilkan Asmirandah, Yuki Kato dan Raya Kohandi. Saking populernya, rumah produksi juga membuat versi layar lebar, Inikah Rasanya Cinta (2005).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 8 halaman

Kepompong

Sinetron yang tayang di SCTV pada 1 Desember 2008 hingga 31 Januari 2010 ini mengisahkan persahabatan lima pelajar SMA, yang terdiri dari satu laki-laki dan empat perempuan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Cinta monyet hingga persaingan di sekolah yang tergambar dengan realistis, membuat sinetron produksi Frame Ritz ini meraih penghargaan Sinetron Remaja Terpuji pada Festival Film Bandung 2009.

Kala mulai tayang, boleh dibilang hanya Derby Romero yang dikenal penonton TV. Namun kini, sejumlah pemain inti seperti Aryani Fitriana, Dinda Kirana, Mikha Tambayong hingga Adipati Dolken menjadi artis yang memiliki jam terbang tinggi baik di industri film maupun televisi.

4 dari 8 halaman

Putih Abu-Abu

Fenomena boyband dan girlband yang mendominasi industri musik Indonesia pada awal 2010-an, diangkat SCTV lewat sinetron Putih Abu-Abu (2012). Sinetron ini memasang girlband sungguhan, Blink, yang kala itu terdiri dari Febby Rastanty, Sivia Azizah, Ify Alyssa, Agatha Pricilla dan Ashila Zee. Pemeran utamanya adalah Derby Romero dan Febby.

Sinetron ini mendongkrak karier Eza Gionino dan Adzana Bing Slamet yang waktu itu tergolong pendatang baru. Sinetron ini juga sempat dibuatkan musim kedua. Jargon unik seperti kamseupay yang kerap diucapkan karakternya sempat viral di dunia nyata. 

5 dari 8 halaman

Ganteng Ganteng Serigala

Tahun 2014, sinetron Ganteng Ganteng Serigala atau GGS sukses merajai peringkat acara televisi. Cerita cinta segitiga antara siswi SMA dengan bangsa vampir dan serigala menjadi suguhan utama sinetron garapan Amanah Surga Productions. Ricky Harun, Jessica Mila dan Kevin Julio menjadi pemeran utama. Namun, penonton justru dibuat baper dengan interaksi karakter pendamping, yakni Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina yang kala itu belum terkenal. Sinetron ini bertahan 471 episode.

6 dari 8 halaman

Diam-Diam Suka

Memakai soundtrack lagu Cherrybelle berjudul sama, sinetron Diam-Diam Suka begitu populer ketika tayang pada 2013-2014. Derby Romero dan girlband Blink yang sebelumnya dipertemukan di Putih Abu-Abu, dipertemukan lagi di sinetron garapan Screenplay ini. Sinetron ini kerap memakai jargon-jargon unik yang kemudian viral di dunia nyata seperti 'pinky swear, cherry banana strawberry swear' dan 'OMG hello'. Karakter Naomi alias Nomnom Gomes yang diperankan Audi Marissa terasa ikonis dengan goyang duyung mangap (dumang), yang kemudian dijadikan lagu oleh Cita Citata.

7 dari 8 halaman

Dari Jendela SMP

Dari Jendela SMP yang baru tamat pada Februari 2022 lalu menjadi bukti SCTV konsisten menghadirkan sinetron remaja yang disukai pemirsa. Diangkat dari novel karya Mira W, kisah cinta monyet beda status sosial antara Joko (Rey Bong) dan Wulan (Sandrinna Michelle) sukses bikin baper pemirsa. Sinetron ini mampu bertahan hingga 778 episode.

Sandrinna dan Rey yang sebelumnya dikenal sebagai artis cilik, sukses melakukan transformasi sebagai bintang remaja. Beberapa jebolan DJS seperti Ratu Sofya, Aqeela Calista, Saskia Chadwick dan Rassya Hidayah kini juga eksis di sinetron lain.

 

8 dari 8 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.