6 Film Indonesia yang Tembus 1 Juta Penonton Tahun 2022 Selain Pengabdi Setan 2, Didominasi Genre Horor

Oleh Wayan Diananto pada 16 Agu 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 14:00 WIB
Poster Terbaru KKN Di Desa Penari
Perbesar
Pengabdi Setan 2 meneror 5 juta penonton, membayangi KKN di Desa Penari di puncak box office Indonesia. Inilah 7 film Indonesia dengan penonton sejuta lebih.

Liputan6.com, Jakarta Senin (15/8/2022), Pengabdi Setan 2: Communion memasuki babak baru dalam pencapaian di tangga box office. Karya Joko Anwar itu tembus 5 juta penonton dan menguatkan posisi di daftar film Indonesia terlaris 2022.

Pengabdi Setan 2 menjadi film Indonesia terlaris kedua. Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, kini ada 7 film Indonesia yang sukses mengumpulkan sejuta penonton lebih, dari yang sejuta tipis-tipis hingga hampir 10 juta. Apa saja?

Posisi puncak tentu saja dihuni KKN di Desa Penari karya Awi Suryadi, yang diangkat dari utas viral karya Simpleman. Diperkuat Adinda Thomas, Tissa Biani, dan Achmad Megantara, KKN di Desa Penari yang dirilis 30 April 2022 menakut-nakuti lebih dari 9,2 juta penonton.

Film ini bertahan lebih dari dua bulan di bioskop dan menciptakan sejumlah fenomena di masyarakat. Dari calo tiket, ticket war, sistem antre tiket pakai helm dan sandal. KKN di Desa Penari juga trending di mesin pencarian Google hampir dua minggu.

Padahal, musuhnya enggak kaleng-kaleng, yakni raksasa Hollywood, Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Diadang salah satu petinggi jagat sinema Marvel, toh tak membuat KKN di Desa Penari limbung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Pengabdi Setan 2: Communion

Poster film Pengabdi Setan 2: Communion. (Foto: Dok. Twitter @fajarnugros)
Perbesar
Poster film Pengabdi Setan 2: Communion. (Foto: Dok. Twitter @fajarnugros)

Pengabdi Setan 2: Communion melanjutkan sukses Pengabdi Setan (2017) yang meraup 4,2 jutaan penonton sekaligus menjadi film terlaris pada tahunnya. Film ini melanjutkan kisah Rini (Tara Basro) beserta ayah dan adik-adiknya yang pindah ke rusun.

Berharap rusun menandai babak baru kehidupan keluarga, yang didapat Rini adalah teror dan rekor baru di tangga box office. Pada hari pertama penayangan, Pengabdi Setan 2 mengumpulkan 700 ribuan penonton. Kini, ia menyentuh 5 jutaan penonton.


3. Ivanna

Poster film Ivanna. (Foto: Dok. Instagram @mdpictures_official)
Perbesar
Poster film Ivanna. (Foto: Dok. Instagram @mdpictures_official)

Ivanna sempalan dari jagat sinema Danur. Ia adalah perempuan Belanda yang cinta Indonesia namun mendapat perlakuan buruk dari penduduk asli dan berakhir tragis. Lehernya ditebas pedang salah satu tantara Jepang. Jasadnya “diawetkan” dengan tanah liat oleh sang kekasih.

Puluhan tahun kemudian, arwahnya meneror para penghuni panti jompo. Pada hari pertama penayangan, karya sineas Kimo Stamboel mendulang 200 ribuan penonton. Kini, Ivanna menyihir 2,9 jutaan penonton.


4. Ngeri-Ngeri Sedap

Poster film Ngeri-ngeri Sedap. (Foto: Dok. Instagram @bene_dion)
Perbesar
Poster film Ngeri-ngeri Sedap. (Foto: Dok. Instagram @bene_dion)

Tak ada yang menyangka drama keluarga Batak ini memenangkan hati jutaan penonton di Tanah Air. Ngeri-ngeri Sedap karya sineas Bene Dion Rajagukguk yang juga bertindak sebagai penulis naskah.

Target awal film ini tak muluk, hanya ingin dapat 500 ribuan penonton. Yang terjadi kemudian, Ngeri-Ngeri Sedap membius 50 ribuan penonton pada hari pertama penayangan. Kekuatan dari mulut ke mulut mengantar film ini ke level 2,8 jutaan penonton.


5. Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah.
Perbesar
Poster film Kukira Kau Rumah. (Foto: Dok. MD Pictures)

Seperti Ngeri-ngeri Sedap, Kukira Kau Rumah yang mempertemukan Jourdy Pranata dan Prilly Latuconsina adalah kuda hitam yang membuat banyak pihak terperenyak. Karya perdana Umay Sahab ini mengusung tema kesehatan mental.

Terkesan berat namun tak disangka menjadi daya tarik kuat bagi penonton. Menyedot 50 ribuan pada hari pertama penayangan, Kukira Kau Rumah menjemput 2,2 jutaan penonton.

 


6. The Doll 3

The Doll 3.
Perbesar
Poster film The Doll 3. (Foto: Dok. Hitmaker Studios)

The Doll adalah waralaba yang berhasil meningkatkan perfoma di tangga box office. Jilid perdana The Doll yang dibintangi Shandy Aulia “hanya” kebagian 500 ribuan penonton. The Doll 2 (2018) yang dimotori Luna Maya dan Herjunot Ali sukses membuai 1,2 jutaan penonton.

Tahun ini, The Doll 3 menghadirkan boneka Bobby yang terbakar cemburu dengan Jessica Mila dan Winky Wiryawan sebagai “pejuang.” Film ini menyempurnakan pencapaian dua pendahulunya dengan membukukan 1,7 jutaan penonton.


7. Kuntilanak 3

Poster film Kuntilanak 3. (Foto: Dok. Instagram @mvppictures_id)
Perbesar
Poster film Kuntilanak 3. (Foto: Dok. Instagram @mvppictures_id)

Kuntilanak generasi baru diformat dalam konsep trilogi, seperti Kuntilanak era Julia Estelle. Bedanya, Kuntilanak kekinian konsisten meraih sejutaan penonton per jilid. Kuntilanak (2018) menyapa dengan pendekatan baru dan menyerap 1,2 jutaan penonton.

Sekuelnya yang dirilis setahun kemudian, membawa 1,7 jutaan orang ke bioskop. Tahun ini, Kuntilanak 3 mengukuhkan citra sebagai film Lebaran sejuta penonton dengan 1,3 jutaan penonton. Jangan kaget kalau setelah ini akan ada spin-off alias sempalannya.

infografis journal
Perbesar
infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya