Sukses

Jakarta Melayu Festival 2022 Kembali Digelar Usai Vakum Selama Dua Tahun

Jakarta Melayu Festival 2022 digelar di Beach City Entertainment Center, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Melayu Festival (JMF) 2022 kembali akan digelar tahun 2022 ini. Perhelatan ini dibuat setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Jakarta Melayu Festival edisi ke-10 digelar di Beach City Entertainment Center, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Jakarta Melayu Festival berlangsung tepat saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Produser JMF 2022, Geisz Chalifah mengatakan bahwa tahun ini mengusung tema Teurimong Geunaseh. Teurimong geunaseh diambil dari bahasa Aceh yang berarti terima kasih, ditujukan kepada mereka yang menjadi garda terdepan saat menangani Covid-19 di Indonesia khususnya Jakarta. 

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar perhelatan konser musik biasa tapi gerakan untuk semakin mengenalkan budaya melayu dan kami ingin memperlihatkan kepada semua orang penonton bahwa kita konsisten untuk mengangkat budaya melayu akar budaya tradisional Indonesia," kata Produser JMF 2022 Geisz Chalifah saat jumpa pers Jakarta Melayu Festival di resto Ombak Laut, Ancol, Jakarta Utara, Senin, (8/8/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Garda Terdepan

Konser musik ini adalah ucapan terima-kasih yang ditujukan untuk mereka yang menjadi garda terdepan saat menangani Covid-19 di Indonesia, khususnya Jakarta.

"Konser musik ini menjadi gerakan untuk semakin mengenalkan budaya Melayu, akar budaya tradisional Indonesia," kata Geisz Chalifah.

 

3 dari 4 halaman

Senang

Salah satu artis yang akan ikut serta adalah penyanyi dangdut Erie Suzan. Dirinya mengaku senang dilibatkan dalam Jakarta Melayu Festival (JMF).

Menurut Erie Suzan, festival musik melayu ini digelar sebagai bukti bahwa budaya Melayu adalah akar budaya dan telah menjadi ciri khas Indonesia.

"Buat saya, budaya Melayu di Indonesia itu sangat kuat dan sarat dengan nilai kesantunan," kata Erie Suzan.

 

 

4 dari 4 halaman

Bangga

Selain itu, artis penyanyi Shena Malsiana juga bangga saat diminta ikut dalam gelaran Jakarta Melayu Festival ini. Baginya, festival musik melayu ini adalah usaha untuk menumbuhkan rasa bangga sebagai musisi berdarah Melayu.

"Gue berdarah Melayu karena berasal dari Bengkulu dan Palembang, dan musik Melayu ini adalah akarnya musik dan budaya Indonesia," kata Shena Malsiana, jebolan X Factor Indonesia musim pertama ini.

Festival itu nantinya akan menghadirkan perwakilan publik yang diberikan penghargaan, seperti Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Jaya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia DKI Jakarta dan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia DKI Jakarta. Ada juga sopir ambulans gawat darurat, pemulasaran jenazah dan petugas pemakaman.

Penghargaan itu akan diserahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disela gelaran Jakarta Melayu Festival 2022.

"Meski Jakarta Melayu Festival ini layaknya konser pada umumnya, penikmat musik tetap dipantau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," ucap Geisz Chalifah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini