Sukses

Seniman Mural Tanah Air Pamer Karya bareng 3Second di Amerika Serikat

Muchlis Fachri alias Muklay, seniman mural asal Jakarta, berkesempatan untuk unjuk karyanya ke kancah internasional.

Liputan6.com, Jakarta Industri kreatif Tanah Air memang tak pernah surut memberikan karya. Yang terbaru, Muchlis Fachri, seniman mural asal Jakarta, berkesempatan untuk unjuk karyanya ke kancah internasional.

Selama ini, ia dikenal sebagai ilustrator yang kerap memamerkan karya-karyanya di sosial media. Berkolaborasi dengan 3Second, pria yang akrab disapa Muklay ini menggambar mural di salah satu dinding dari Secret Walls World Los Angeles.

"Saya berkolaborasi dengan 3Second, saya akan buat mural. Sebenarnya satu udah kelar, dan sekarang tinggal yang kedua," kata Muklay dalam keterangannya pada awak media.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Kolaborasi

Mengenai proses kolaborasinya sendiri, Muklay mengatakan bahwa ia dan 3Second saling bertukar ide. Keberangkatan Muklay dan 3Second sedianya hanya untuk menghadiri sebuah show yang di sana, kemudian berkembang untuk juga meninggalkan karya dalam bentuk mural di dua lokasi yang bisa dinikmati secara umum oleh warga Amerika Serikat nantinya.

"Kalau misalnya gambar di Secret Walls itu ide dari saya karena kalau misalkan kita ke US untuk show doang, kayaknya banyak yang masih bisa diekspore. Jadi kita gambar di Secret Walls dan Local Walls gitu lah yang kita cari," paparnya kemudian.

 

3 dari 4 halaman

Bersyukur

Lebih lanjut, pria yang kini sudah memiliki pengikut sebanyak 146ribu di Instagram itu mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan 3Second untuk dirinya bisa menghasilkan karya di kancah internasional. Lebih dari itu, Muklay yang sudah gemar menggambar sejak usia 6 tahun tersebut juga bangga hasil kolaborasinya dengan 3Second bisa mewakili nama Indonesia di kancah internasional.

"Kalau kolaborasinya, kita udah bicara dari sebulan atau dua bulan lalu, prosesnya juga cepat. Apresiasi juga untuk 3Second, saya ke sini (LA) juga gara-gara 3Second," tutupnya.

 

4 dari 4 halaman

Profil

Muklay sendiri merupakan visual artist yang sedang naik daun di Indonesia. Namanya pernah masuk Forbes Indonesia sebagai 30 Under 30 pada tahun 2020 dan sudah menjadi kolaborator untuk beberapa desain brand ternama.

Sementara itu, 3Second merupakan salah satu brand fashion lokal asal Bandung, Jawa Barat yang sudah lama menjadi andalan gaya modis anak muda di Indonesia. Kolaborasi mereka menghadirkan karya di Amerika pun pada akhirnya membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.