Sukses

Aldwin Dinata Bawakan Ulang Lagu Koes Plus, Alasannya Bikin Haru

Aldwin Dinata merilis single bertajuk Kembalilah.

Liputan6.com, Jakarta Artis penyanyi Aldwin Dinata kembali melempar single ke belantika musik Indonesia. Sebelumnya, Aldwin sukses dengan single “1 Untukku” yang dirilis pada 22 April 2022. Namun, ada hal yang berbeda dari single barunya. Penyanyi sekaligus pengusaha ini membawakan lagu dari band lawas Koes Plus berjudul “Kembalilah".

Mungkin, anak-anak milenial sekarang tidak begitu kenal Koes Plus. Namun, di tahun 1969, band beranggotakan Koeswoyo bersaudara, yaitu Tonny (kibor, gitar melodi), Yon (gitar pengiring), Yok (gitar bas), dan Murry (drum serta perkusi lain) ini bisa dibilang salah satu yang terbesar pada masanya.

Beberapa hits mereka antara lain “Kolam Susu,” “Bujangan,” “Diana,” dan “Kisah Sedih di Hari Minggu.” Remake "Kembalilah" ini rupanya termasuk ke dalam proyek album keluarga dalam rangka mengenang delapan tahun kepergian mendiang Murry Koes Plus yang digagas anak dan cucunya. 

Sebagai penyanyi muda yang menikah dengan salah satu cucu Murry, Aldwin pun turut dilibatkan dalam album ini dan mendapat kesempatan untuk menyanyikan "Kembalilah."

Lagu ini dipilih sendiri oleh Aldwin dan punya cerita bagi pria 22 tahun ini. 

"Saat mengerjakan lagu “Kembalilah” untuk album keluarga Eyang Murry, tidak pernah terlintas di pikiran bahwa saya akan merilis lagu ini secara serius. Niatnya hanya ingin berkontribusi sebagai “cucu-mantu” untuk mengenang kepergian Eyang. Tapi, setelah mengerti maknanya, lagu ini terlalu bagus untuk sekadar iseng-iseng. Saya pun putuskan untuk merilisnya secara serius bersama label saya, Sony Music Indonesia. Untungnya, Sony Music memberi sambutan positif terhadap ide saya ini," ujar Aldwin Dinata dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senang

Tidak hanya Aldwin yang antusias, keluarga inti Murry Koes Plus juga ikut senang dengan remake ini. 

“Saya bersyukur karena keluarga mendiang Eyang Murry memberi dukungan penuh untuk proyek single ini karena saya memberi semacam tribute dengan menghadirkan aransemen yang jauh berbeda dari aslinya. Dalam pengerjaannya, saya dibantu anak-anak Eyang (Rico Murry, Riske Murry) dan cucu-cucu beliau yang lain (Ajeng, Nanda, Damas, Jojo, Ariel Tatum). Tidak lupa, ada juga Bang Acoy dari Rocker Kasarunk yang turut membantu pembuatan aransemennya agar lebih bisa diterima di zaman sekarang," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Saran

Meski belum bertemu dengan satupun anggota Koes Plus, tapi Aldwin mendapat bantuan dan saran dari seluruh keluarga yang bercerita tentang makna “Kembalilah.” Liriknya yang pendek dan sederhana ternyata memiliki makna yang cukup dalam. 

“Lagu ini menceritakan pengalaman beliau saat ditinggal oleh seseorang yang benar-benar beliau cintai sehingga membuat beliau tidak bisa menemukan kebahagiaan lagi sampai akhir hayatnya,” cerita Aldwin tentang single yang ia kerjakan selama tiga bulan ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Membangkitkan

Melalui lagu ini, Aldwin ingin membangkitkan kenangan para penggemar Koes Plus yang rindu akan lagu “Kembalilah.” 

“Ini salah satu lagu Koes Plus yang indah dengan lirik yang sangat bermakna. Saya berharap para pendengar Koes Plus dulu akan bisa bernostalgia dengan lagu ini meski dengan aransemen yang sedikit berbeda. Selain itu, saya ingin memperdengarkan dan mengenalkan karya Eyang Murry kepada

anak-anak Gen Z agar mereka semakin menghargai musik Indonesia, baik yang pernah tenar di zaman dulu maupun yang sering mereka dengarkan sekarang," ujar Aldwin.

Lagu Kembalilah sudah bisa didengar di platform musik digital mulai 20 Juli 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.