Selain Pengabdi Setan 2: Communion, Film Horor Baru Ini juga Tayang di IMAX

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 27 Jul 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 27 Jul 2022, 18:30 WIB
Pengabdi Setan 2: Communion dalam format IMAX.
Perbesar
Vice President Theatre Sales: India, South East Asia, Australia and New Zealand IMAX, Preetham Daniel, menyambut hangat Pengabdi Setan 2: Communion sebagai yang pertama di Asia Tenggara, dirilis dalam format IMAX. Pihaknya punya alasan khusus mengapa memilih film ini untuk menjalani proses DMR. “Pengabdi Setan 2: Communion adalah IP kuat dan mempunyai teknis berkualitas tinggi sehingga layak mendapat treatment IMAX,” urainya. (Foto: Dok. Poplicist)
Pengabdi Setan 2: Communion dalam format IMAX.
Perbesar
“Kami senang berkolaborasi dengan IMAX untuk menghadirkan Pengabdi Setan 2: Communion yang telah menjalani proses DMR pakai teknologi IMAX, akan tayang mulai 4 Agustus 2022 di seluruh Indonesia,” kata Joko Anwar. Keputusan ini diambil bukan untuk gaya-gayaan. Joko Anwar ingin memberi pengalaman sinematik yang lebih nyata agar para pencinta film dapat masuk ke dunia keluarga Ibu Mawarni Soewono. (Foto: Dok. Poplicist)

Liputan6.com, Jakarta Film bergenre horor Pengabdi Setan 2: Communion akan kembali ke bioskop Tanah Air, melanjutkan kisah dari film pertama. Menariknya, film arahan sutradara Joko Anwar ini akan menjadi film pertama di Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang siap dirilis dalam format IMAX.

Dijanjikan oleh pihak IMAX Indonesia, teknologi yang digunakan untuk Pengabdi Setan 2 akan menghadirkan sensasi berbeda saat menonton. Bahkan, Joko Anwar menyatakan film ini melewati proses Digital Remastering (DMR) menggunakan teknologi IMAX untuk tayang di wilayah ASEAN.

Namun sebelum penayangan Pengabdi Setan 2: Communion pada 30 Juli 2022, Hollywood sudah terlebih dahulu menayangkan film horor andalan yang menggunakan teknologi IMAX berjudul Nope. Film karya sineas Jordan Peele itu tengah rilis di bioskop Amerika Serikat sejak 22 Juli 2022.

Jordan Peele sendiri sempat menjelaskan kepada pihak IMAX Amerika Serikat bahwa film Nope memang sejak awal menggunakan kamera IMAX. Hal itu dilakukan, salah satunya dalam rangka menyajikan gambar pesawat alien alias UFO.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menggunakan Kamera IMAX

Jordan Peele
Perbesar
Jordan Peele. (AFP Photo/Mark Ralston)

Dalam sebuah potongan bincang-bincang bersama IMAX yang turut diunggah di akun Instagram @imax, dijelaskan oleh Jordan Peele bahwa sinematografer filmnya sejak awal memang menggunakan kamera IMAX.

"Jadi saya bekerja dengan Hoyte van Hoytema (sinematografer) dalam film ini dan saya tahu saya ingin merancang sebuah tontonan mutlak. Satu dari hal pertama yang saya tanya kepadanya adalah, 'Hoyte, lupakan filmnya kalau kamu harus mendapatkan gambar UFO di langit'," ujar Jordan Peele.

"Kamu punya satu tembakan dan itu untuk anak cucu, untuk ras manusia. Apa yang akan kau lakukan? Apa yang akan kau gunakan? Dan dia berkata, 'Jordan saya akan menggunakan sebuah kamera IMAX. Dan karena itu resolusinya berada di level berbeda secara keseluruhan'," sambungnya.

"Seperti itulah hasilnya. Jadi, saya seperti, 'Keren,'" celetuk Jordan Peele.

 


Sinopsis Film

Film horor Nope karya Jordan Peele. (Universal Pictures)
Perbesar
Film horor Nope karya Jordan Peele. (Universal Pictures)

Dalam Nope, dikisahkan dua bersaudara pemilik peternakan, meminta bantuan kepada seorang salesman teknologi dan sinematografer terkenal, berusaha untuk menangkap sambil menjual bukti video dari benda terbang tak dikenal alias UFO (unidentified flying object).

Sementara itu, Pengabdi Setan 2: Communion membawa kembali Rini, adik-adiknya, Toni, dan Bondi, serta ayah mereka, Bahri tinggal di rumah susun beberapa tahun setelah menyelamatkan diri dari kejadian mengerikan yang membuat mereka kehilangan ibu, yakni Mawarni dan si bungsu, Ian.

Mereka tinggal di rumah susun yang ditinggali banyak orang, sehingga merasa aman apabila terjadi sesuatu. Namun, mereka menyadari bahwa tinggal bersama banyak orang juga bisa sangat berbahaya jika tidak sangat mengenali siapa saja yang menjadi tetangga mereka. Pada sebuah malam, Rini dan keluarganya harus kembali menyelamatkan diri akibat teror tak terduga.

[INFOGRAFIS] Film-Film di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Perbesar
Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya