Sukses

Baim Wong Daftarkan Citayem Fashion Week ke PDKI, Ernest Prakasa Lontar Kritik Setajam Golok

Langkah Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual atau PDKI menuai respons tajam. Ernest Prakasa bersuara.

Liputan6.com, Jakarta Senin (25/7/2022) pagi, Citayem Fashion Week trending di mesin pencarian Google. Musabahnya, langkah Baim Wong dan Paula Verhoeven mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual atau PDKI.

Melansir dari situs resmi pdki-indonesia.dgip.go.id, merek Citayam Fashion Week telah didaftarkan pada 20 Juli 2022 melalui perusahaan Baim Wong, yakni PT Tiger Wong Entertainment.

Tangkapan layar bukti pendaftaran ini jadi santapan publik. Baim Wong panen kritikan dari banyak pihak tak terkecuali Ernest Prakasa yang membuat utas di akun Twitter terverifikasinya, Minggu (24/7/2022).

Sutradara film Cek Toko Sebelah dan Imperfect tak habis pikir dengan perilaku sejumlah pihak yang terkesan, “apa-apa didaftarkan ke HAKI.” Kata HAKI sendiri trending di Twitter pada Senin pagi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkara HAKI

Daftarin OPEN MIC ke HAKI. Daftarin ROASTING ke HAKI. Daftarin CITAYAM FASHION WEEK ke HAKI. Serakah banget jadi manusia,” Ernest Prakasa mencuit.

Bintang film Rudy Habibie mengingatkan akronim HAKI yakni Hak Kekayaan Intelektal. Ada hak orang yang menciptakan sesuatu yang mesti dihormati oleh orang atau pihak lain.

3 dari 4 halaman

Ada Hak dalam HAKI

HAKI itu H-nya adalah Hak. Kok bisa-bisanya merasa berhak atas sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Gak tau malu,” cuit Ernest Prakasa seraya menyebut HAKI dibuat untuk melindungi kreator.

HAKI itu dibuat untuk melindungi kreator, agar pekerja kreatif bisa sejahtera dari ide & karya mereka sendiri. Bukannya dulu-duluan maen sikat mumpung belom ada yang daftarin. Tolong lah dipake akal sehat & hati nuraninya,” pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Utas Ernest Viral

Saat artikel ini disusun, utas Ernest Prakasa ramai direspons netizen +62. Dicuit ulang hampir 10 ribu kali dan direspons 1.900-an orang, utas peraih 2 Piala Citra ini disukai lebih dari 32 ribuan orang.

Nama Baim Wong pun menembus trending topic Twitter Indonesia. Mayoritas berisi kecaman netizen +62 terkait keputusannya mendaftarkan Citayam Fashion Week 2022 ke PDKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.