Sukses

Ridwan Kamil Selesai Melakukan Badal Haji untuk Eril, Saatnya Kembali ke Tanah Air

Putra mendiang Ridwan Kamil, Eril, sudah menyandang gelar haji di depan namanya.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian ibadah haji telah dilakukan para jemaah termasuk Ridwan Kamil. Dan kali ini, kehadiran Kang Emil, begitu biasa disapa di Tanah Suci untuk melaksanakan badal haji mendiang sang putra, Eril.

Dan Gubernur Jawa Barat ini bersyukur, ia sudah melakukannya. Dan ia pun menceritakan kala menjalani ibadah haji untuk Emmeril Kahn Mumtadz.

Dan pada Minggu (17/7/2022), menjadi ibadah terakhir di sana. Ridwan Kamil, Atalia Praratya, serta rombongan akan bertolak ke Tanah Air.

"TUGAS SELESAI, SAATNYA PULANG KE TANAH AIR.

Hari Ahad atau Hari Minggu ini hari terakhir saya beribadah di tanah suci, besok Senin subuh sudah kembali pulang terbang ke tanah air tercinta. Semoga selamat sampai rumah," doanya melalui Instagram terverifikasi miliknya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amirul Hajj

Rupanya, Ridwan Kamil tak hanya melakukan badal untuk sang putra. Kehadirannya di Tanah Suci juga sebagai amirul hajj, yaitu pemimpin jemaah haji yang ditunjuk oleh badan pemerintah, komisi haji atau kepala agama.

"Tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Berbagai koordinasi dan aksi melancarkan kegiatan jamaah haji sudah dilakukan dan terus dikerjakan dengan koordinasi dengan tim pendamping haji daerah," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Tugas Kedua

Sementara, melakukan badal haji untuk mendiang putra sulungnya justru menjadi tugas kedua Ridwan Kamil. Dan ia bersyukur itu pun sudah dilaksanakan.

Saat melakukan ibadah haji, ada cerita yang dibagikannya.

"Tugas kedua melakukan badal haji atas nama Eril selesai sudah. Haji Emmeril Kahn Mumtadz, sudah menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya melalui fisik dan jiwa saya ayahnya.

Setiap rukun dan ibadah saya kerjakan, seolah-olah almarhum yang melakukannya sendiri. Termasuk wasiatnya ingin berkurban di Palestina juga sudah ditunaikan," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Mabrur

Di akhir kalimatnya, Ridwan Kamil pun mendoakan semua jemaah haji yang menunaikan ibadah pada 2022 menjadi haji dan hajjah mabrur.

"Selamat untuk semua jamaah haji Indonesia yang beruntung Allah panggil dan mudahkan urusannya dengan berhaji tahun 2022 ini.

Semoga semua menjadi Haji Mabrur dan Hajjah mabrurah.

Aamiin," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.