Sukses

Via Vallen Kenakan Kain Khusus saat Lakukan Siraman

Via Vallen didampingi kedua orangtua melakukan siraman sebagai prosesi pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen telah siap melakukan siraman sebagai rangkaian prosesi pernikahan yang akan digelar pada Jumat (15/7/2022) dengan kekasihnya, Chevra Yolandi. Via terlihat tanpa riasan make up tebal siap untuk dimandikan.

Wanita bernama asli Maulidia Octavia sudah mengenakan pakaian khusus yaitu kain jumput yang memang menjadi ciri khas wanita Jawa yang akan melakukan siraman.

Dijelaskan host acara yang disiarkan langsung Indosiar, Kamis (14/7/2022), bahwa kain jumput ini dibuat memerlukan waktu yang cukup lama.

Dan sebelum pelantun "Sayang" ini disiramkan ke tubuhnya, kedua orangtua mencampurkan tujuh air dari mata air dari tempat yang berbeda-beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Untuk Mempelai Pria

Selain itu, kedua orangtua Via Vallen menempatkan beberapa ciduk air yang akan diberikan oleh mempelai pria yaitu Chevra Yolandi. Dan yang harus menerima penyerahan air ini adalah keluarga dekat sang pria.

3 dari 4 halaman

Siraman

Setelah itu, barulah Via Vallen melakukan siraman. Dan sang ayah menjadi orang pertama yang menyiramnya dari atas hingga ke bawah.

Begitu juga dengan sang ibunda, melakukan hal yang sama. Usai disiram, Via Vallen langsung mencium tangan dan kedua pipi orangtuanya.

 

4 dari 4 halaman

Siraman Selanjutnya

Siraman ketiga dilakukan oleh kakak ibunya, Rosmayati. Rupanya, Via Vallen memiliki kenangan indah dengan budenya ini. Saat tinggal bersama Rosmayati, Via pernah ngambek karena tidak diberi uang jajan.

Via Vallen sampai ke luar rumah dan gelar tikar depan rumah sambil membawa barang-barang mewahnya. Siraman ketiga hingga sembilan yang dilakukan kakak ibu dan kakak ayahnya memiliki cerita masing-masing saat Via kecil.

Di akhir prosesi siraman, sang ayah mengucurkan air dari kendi yang dipakai Via Vallen sebagai wudu. Setelah itu kedua orangtua Via memecahkan kendi tersebut atau disebut pecah pamor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.