Sukses

Sinopsis Hacksaw Ridge Tayang di TV Hari Ini, Kisah Nyata Petugas Medis di Medan Perang yang Enggan Pakai Senjata

Berikut sinopsis film Hacksaw Ridge yang tayang di Bioskop Trans TV malam ini, Selasa (12/07/2022).

Liputan6.com, Jakarta Film Hacksaw Ridge dijadwalkan hadir dalam slot program Bioskop Trans TV hari ini, Selasa, 12 Juli 2022, mulai pukul 21.30 WIB. Anda juga dapat menonton live streaming Trans TV melalui platform Vidio secara gratis. Berikut sinopsis Hacksaw Ridge yang dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/07/2022).

Hacksaw Ridge merupakan film tentang perang yang rilis di bioskop pada November 2016. Film ini diangkat dari kisah nyata Desmond Doss, petugas medis Amerika dalam Perang Dunia kedua. Sineas Australia Mel Gibson menjadi sutradara film ini.

Andrew Garfield, bintang The Amazing Spider-man, didapuk sebagai pemeran utama. Film ini juga menampilkan bintang Hollywood populer seperti Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving, Rachel Griffiths dan Vince Vaughn.

Hacksaw Ridge menyabet dua piala Oscar 2017 untuk kategori Best Film Editing dan Best Sound Mixing. Film ini juga sukses secara finansial, meraih box office 180,5 juta dolar Amerika Serikat dari budget 40 juta dolar. Seperti apa jalan ceritanya? Peringatan, film ini mengandung spoiler atau bocoran akhir cerita Hacksaw Ridge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyesalan

Kisah bermula ketika Desmond Doss masih belia. Ia nyaris membunuh saudaranya secara tidak sengaja. Ia menyesal dan bertaubat, menjadi sosok yang religius. Ia patuh pada ajaran Alkitab yang tidak diperbolehkan membunuh.

Setelah 15 tahun berlalu, Desmond menjadi petugas medis di rumah sakit. Kala itu Perang Dunia kedua baru meletus. Ia mendaftar untuk jadi tim medis di medan perang. Tom Doss, ayahnya, menentang. Tom seorang veteran Perang Dunia pertama yang masih berduka lantaran rekannya banyak yang gugur.

3 dari 5 halaman

Ketaatan

Desmond mulai mengikuti pelatihan dasar di bawah komando Sersan Howell dan Kapten Glover. Desmon mengikuti semua kegiatan dengan baik kecuali sesi latihan cara memakai senjata. Ia tak mau membunuh, sesuai dengan prinsip yang ia anut.

Hal ini membuatnya beberapa kali terkena masalah. Howell dan Glover berencana mendepak Desmond dengan alasan gangguan mental, tapi gagal. Desmond juga mendapat perundungan hingga terluka tapi menolak melaporkan pelakunya. Kemudian, Desmond ditahan lantaran dianggap tidak patuh pada atasan karena enggan membawa senjata. Tom meminta bantuan temannya yang seorang Jenderal untuk menyelamatkan putranya. Akhirnya Desmond dengan landasan Undang-undang di Amerika yang melindungi kebebasan beragama.

4 dari 5 halaman

Berjasa

Desmond akhirnya ditugaskan ke medan perang. Desmond berusaha teguh pada pendiriannya tidak memakai senjata meski bahaya mengepung. Ia berjasa menyelamatkan banyak tentara Amerika. Kapten Glover akhirnya meminta maaf telah menganggap Desmond pengecut. Desmond kemudian mendapat medali kehormatan dari Presiden Harry S Truman karena berhasil menyelamatkan 75 prajurit.

Film ini juga menampilkan kisah cinta Desmond dengan Dorothy, kekasih yang kemudian dinikahinya hingga maut memisahkan. Dorothy meninggal pada 1991 sementara Desmond meninggal pada 2006 di usia 87.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.