Sukses

Berjaya di Kancah Internasional, 4 Film Indonesia Ini Wajib Kalian Tonton ya!

Selain tayang di negeri sendiri, ternyata keempat film ini juga ditayangkan di kancah internasional lho.

Liputan6.com, Jakarta Selain tayang di negeri sendiri, ternyata keempat film ini juga ditayangkan di kancah internasional lho. Selain ditayangkan, ada juga yang mendapatkan penghargaan internasional, keren kan?

Film-film tersebut berhasil tembus ke festival internasional dan sudah dikenal di berbagai belahan dunia. Dengan sinematografi yang apik dan alur cerita yang nggak mainstream, 4 film yang tayang di kancah internasional ini wajib kamu tonton ya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film yang disutradarai oleh Garin Nughroho ini mengangkat isu yang terbilang tabu untuk dibicarakan dalam ruang publik masyarakat Indonesia. Film ini juga sempat menimbulkan kontroversi karena isu yang diangkatnya.

Terlepas dari kontroversi yang muncul, film ini berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi pada Asia Pasific Screen 2018, International Cinephille Society Awards 2019, dan Guadalajara International Film Festival 2019.

3 dari 5 halaman

2. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini berhasil meraih 10 dari 15 kategori di Festival Filmm Indonesia tahun 2018. Film yang diperankan oleh Marsha Timothy ini bercerita tentang seorang janda di Sumba yang didatangi sekawanan perampok.

Mereka terdiri atas tujuh orang yang mengancam nyawa, harta, serta kehormatan Marlina di hadapan suaminya yang telah menjadi mumi. Sebagai perlawanan, ia memenggal kepala bos perampok, Markus (Egi Fedly).

Berangkat dari kejadian itu, Marlina kemudian melakukan perjalanan untuk mencari keadilan. Perjalanan Marlina ini terbagi dalam empat babak, yaitu perampokan, perjalanan, pengakuan, dan kelahiran.

Dalam sejarahnya, film ini berhasil masuk dalam penghargaan internasional FIFFS Maroko edisi ke 11, Catalonian International Film Festival tahun 2017, Tokyo FilmEx 2017, dan film terbaik dalam Asian Next West Wave the Qcinema Film Festival Filipina.

4 dari 5 halaman

3. Pengabdi Setan (2017)

Film yang tayang pada tahun 2017 dan digarap oleh Joko Anwar ini berhasil menambahkan warna baru dalam film horor Indonesia. Dengan total sekitar 4.206.103 penonton, film Pengabdi Setan menjadi film terlaris pertama di tahun 2017.

Tak hanya sukes di Tanah Air, film tersebut pun tayang di 42 negara dan masuk ke dalam 40 festival film internasional dan mendapat piala kategori “Film Horor Terbaik” di ajang Toronto After Dark Film Festival, Overlook Film Festival, dan Popcorn Frights Film Festival.

5 dari 5 halaman

4. Sekala Niskala (2017)

Film karya Kamila Andini juga menjadi film Tanah Air yang turut berjaya di luar negeri. Sekala Niskala berhasil meraih penghargaan Film Terbaik dalam Berlinale International Film Festival tahun 2018 di Berlin.

Tak hanya itu saja, film Sekala Niskala yang tayang pada tahun 2017 silam juga berhasil meraih penghargaan lainnya seperti Film Terbaik Festival Film Asia Netpac Jogja (JAFF), Film Terbaik Tokyo FilmEx, dan Film Remaja Terbaik di Asian Pasific Screen Award.

Nah, itu dia 4 film yang bisa jadi rekomendasi kalian saat di waktu senggang. Selain keempat film tersebut, masih banyak film lainnya yang bisa kalian tonton dan juga mendapatkan penghargaan, baik secara nasional atau internasional. Yang penting, dukung terus film Indonesia ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini