Sukses

Ridwan Kamil Tuntaskan Badal Haji Eril: Selesai Tugas Saya sebagai Ayahnya Sempurnakan Iman Islamnya

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Ridwan Kamil, saat ini telah resmi menyandang gelar haji

Liputan6.com, Jakarta - Proses menjalankan ibadah haji untuk mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, dengan cara badal haji atau diwakilkan, selesai dilakukan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat itu mengumumkan status anaknya yang meninggal dunia karena terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022, sebagai penyandang gelar haji. Ini diungkapkan langsung suami Atalia Praratya di akun Instagram terverifikasinya, Minggu, 10 Juli 2022.

"HAJI EMMERIL KAHN MUMTADZ," tulis Ridwan Kamil sebagai status teks unggahan video singkat yang menampilkan proses badal haji bagi mendiang Eril yang dilakukannya.

Usai berpamitan di tempat peristirahatan terakhir Eril, Ridwan Kamil beserta Atalia Praratya dan Zahra langsung berangkat ke Tanah Suci. Niat berhaji atas nama almarhum Eril telah terlaksana. Terlihat Ridwan Kamil sekeluarga membawa foto Emmeril Khan Mumtadz ke hadapan Kakbah di Masjidil Haram

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Badal Haji

Ridwan Kamil memastikan semua proses badal haji yang dijalankannya untuk menghajikan mendiang Eril telah sempurna.

"Alhamdulillah, semua proses badal haji atau menghajikan atas nama Eril sudah kami tunaikan. Dari niat sampai proses wajib rukun dan sunnahnya," Ridwan Kamil menuliskan.

3 dari 4 halaman

Tugas Ayah Selesai

Ridwan Kamil merasa tugas dan tanggung jawabnya sebagai ayah dalam membimbing Eril selesai. Bisa menghajikan Eril dianggap sebagai perjuangan terbesar.

"Selesai tugas saya sebagai ayahnya menyempurnakan iman islamnya. Semoga menjadi Haji Mabrur," Ridwan Kamil menuliskan.

4 dari 4 halaman

Didoakan Netizen

Netizen terharu sekaligus bangga atas perjuangan Ridwan Kamil menghajikan mendiang Eril. Pria berkacamata ini bahkan disebut sebagai sosok ayah panutan sekaligus menginspirasi.

"Alhamdulillah H.Emmeril Khan Mumtadz😇," tulis akun @raden.rezapramadiaVe

"MasyaAllah , nangis aku nontonnya 😭 semoga kalian jadi haji yang mabrur 😇🥰," sambung akun @iiezzz_

"MasyaAllah.. beruntungnya Eril.. InsyaAllah bahagia dunia akhirat.. Aamiin ya Allah ❤️," tulis akun @faniefachri

"Masya Allah.. hangat sekali hati melihat ini.. sampe netes air mata, berharap Allah kabulkan doa2. Aamiin yaa Robb..🤲," akun @retnomegahwatie menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.