Sukses

Sandiaga Uno Beri Apresiasi 27 Finalis Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 di Padang, Minta Anak Muda Jangan Ragu Ambil Peluang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke kota Padang.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 27 booth finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 ditampilkan di Transmart Padang, Sumatera Barat. Produk atau karya kreatif terpilih dari Padang terdiri dari 20 finalis dari subsektor Kuliner, Kriya, Fesyen dan Aplikasi dan 7 finalis dari subsektor Film dan Musik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberi apresiasi terhadap karya 27 finalis AKI 2022 yang dipamerkan di kota Padang.

Hal ini terlihat dari inovasi karya yang ditampilkan dalam upaya menarik kembali minat pasar di tengah pemulihan pasca pandemi. “Di tengah kenaikan varian baru Omicron kita harus tetap tough dan memiliki semangat pantang mundur. Masalah yang kita hadapi bagaimana ekonomi bisa terus bertumbuh,” ujar Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 15 Juli 2022.

Dengan Apresiasi Kreasi Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan ingin membantu produk ekonomi kreatif agar makin dikenal luas. “Data menyebut, jika kita ambil foto produk bersama kepala daerah dan dipublikasikan dengan baik, maka akan terjadi peningkatan penjualan 35 persen hingga 45 persen,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masuk Mal

Sandiaga Uno menekankan ke 27 finalis AKI mengenai karya mereka yang bisa dipamerkan di mal sebagai hal yang perlu disyukuri. “Susah masuk mal harus bayar. Hanya merek yang besar bisa masuk mal. Namun AKI berikan kesempatan bisa sejenak berjualan di mal, bagaimana bisa bersaing dan mendapatkan keberpihakan,” kata dia.

Tak lupa, Sandiaga Uno mendorong para finalis untuk menggunakan momen AKI dengan sebaik-baiknya. “Jalin kolaborasi seluas-luasnya di antara sesama finalis harus saling kenal. Jangan musuh-musuhan karena pasarnya sangat luas. Kalo Cina ada Jalur Sutra, kita punya Jalur Rempah. Rendang sama rendang harus kenalan. Siapa tahu ada kelebihan order, kita berikan ke teman kita. Itulah kunci silaturahim dan kolaborasi,” tuturnya.

Agar bisnis sukses, Sandiaga Uno mengajak para peserta AKI untuk menemukan mentor-mentor lainnya. “Saya juga berharap teman teman yang memproduksi aplikasi karya film dan musik makin dikenal. Saya yakin ekosistem ekraf di kota Padang makin merebak dan marak. Tahun depan adalah tahun Visit Sumbar pada 2023. Kita ajak dunia menatap Sumbar, khususnya Padang sebagai hostnya,” terangnya

 

3 dari 4 halaman

Minta Generasi Muda Ambil Peluang

Sandiaga Uno optimis melihat antusiasme luar biasa pelaku ekraf di kota Padang yang merepresentasikan wilayah Sumbar, dan tim Kemenparekraf siap all out berkoordinasi dengan kota Padang dan Pariaman. Diharapkan 1,1 juta lapangan kerja bisa tercipta tahun ini di sektor pariwisata dan ekraf dan pada 2024 bisa mencetak 4,4 juta lapangan kerja.

Kesempatan sama, Sandiaga Uno mendorong generasi muda untuk mengambil peluang. “Ambillah masa depan peluang ada di depan mata. Kita harus kerja keras pantang mundur jangan pernah gengsi. Karena gengsi peluang di depan mata tidak bisa kita raih dan kita tidak bisa jadi pemenang,” beber.

Nantinya, akan dipilih satu dari 27 finalis AKI dari Padang yang akan ditampilkan di final AKI Jakarta. “Di sini dunia akan jadi bagian karena program ini merupakan side event G20 di Jakarta. Ini acara bukan kaleng kaleng karena acara konkret akan hadirkan pemenang, termasuk wakil dari Sumbar,” terang Menparekraf.

 

4 dari 4 halaman

Posisi Ketiga Dunia

Sementara, bagi 26 finalis AKI yang bekum berangkat ke Jakarta tetap akan dibina supaya mampu naik kelas, lebih inovatif dan membuka peluang lapangan kerja seluas-luasnya, termasuk dibawa ke event nasional yang dilakukan sepanjang tahun. 

Sandiaga Uno menambahkan, rari total ekraf Indonesia saat ini menyasar Rp1.270 triliun lebih kontribusi terhadap ekonomi dengan persentase 7,7%. “Ini masuk peringkat 3 besar dunia. Kalau AS dengan Hollywood, Korea dengan K-Pop, Indonesia sekarang merangsek ke posisi ketiga dunia,” ujarnya. 

Saat ini, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 telah memasuki kota/kab ke-5 yang berlangsung di kota Padang. Tahun kedua dilaksanakannya program unggulan Kemenparekraf ini dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Selain itu juga diharapkan produk atau karya yang lahir dari Apresiasi Kreasi Indonesia bisa menjadi ikon produk lokal yang mendunia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.