Sukses

Profil Arawinda Kirana, Bintang Film Yuni yang Trending di Twitter hingga Disebut Pelakor di Laman Wikipedia

Sosok Arawinda Kirana belakangan viral di media sosial. Berikut profil sang aktris peraih Piala Citra lewat film Yuni.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Arawinda Kirana terbilang pendatang baru di industri hiburan Indonesia. Namun, kariernya melesat berkat aktingnya dalam film Yuni. Totalitas wanita 20 tahun dalam film arahan Kamila Andini diganjar sejumlah penghargaan, termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2021.

Beberapa hari terakhir, nama 'Arawinda' dan 'Yuni' ramai dibicarakan di media sosial. Rabu (06/07/2022), dua kata itu trending di platform micro blogging Twitter. Tak sampai di situ, laman Wikipedia Indonesia yang menampilkan profil Arawinda diubah dan ia dijuluki sebagai pelakor.

Beberapa waktu lalu, akun Instagram @wanita.cl mengunggah kisah rumah tangga yang goyah akibat perselingkuhan pada 25 Juni 2022. Singkat cerita, akun ini menyebut bahwa suami sang wanita selingkuh dengan artis pendatang baru.

Warganet lalu mengaitkan jejak digital Arawinda dengan Amanda Zahra, wanita yang diduga suaminya selingkuh. Amanda sempat mengunggah potongan adegan film Yuni dan pernah me-retweet cuitan Arawinda.

Sampai tulisan ini dibuat, pihak Arawinda tidak menanggapi isu yang beredar. Ia memilih membatasi kolom komentar akun Instagram pribadinya. Berikut profil Arawinda Kirana yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (06/07/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sri

Nama lengkapnya adalah Sri Arawinda Kirana Rustandi. Ia biasa dipanggil Ara. Ia lahir di Jakarta pada 27 September 2001. Arawinda anak sulung dari dua bersaudara.

Arawinda disebut pernah mengikuti Screenwriting Summer Course (Kepenulisan Skenario) di New York Film Academy selama 4 bulan. Pada 2020, Arawinda melanjutkan pendidikan S-1 di Institut Kesenian Jakarta, mengambil program studi Televisi dan Film.

3 dari 5 halaman

Figuran

Arawinda memulai karier pada 2017. Ia kebagian peran figuran dalam film Galih dan Ratna versi 2017, yang dibintangi Refal Hady. Pada 2020, ia kebagian peran cukup signifikan di film Quarantine Tales.

Arawinda lalu bermain beberapa serial web seperti Angkringan The Series, Serial Musikal Siti Nurbaya dan Unknown. Ia juga pernah menjadi model video musik milik Rendy Pandugo (berjudul 'FAR') dan single duet Andien-Tompi bertitel "Selamat Jalan Kekasihku."

4 dari 5 halaman

Penghargaan

Arawinda naik daun berkat film Yuni yang meraih banyak penghargaan. Selain Piala Citra dan penghargaan di level nasional, akting Arawinda juga diakui beberapa ajang internasional. Ia memboyong gelar aktris terbaik The Asian World Film Festival 2021 dan Red Sea International Film Festival 2021.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.