Minions 2: The Rise of Gru Tetap Laris di Box Office Meskipun Dikritik Banyak Pengamat

Oleh Ruly Riantrisnanto pada 04 Jul 2022, 18:20 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 18:22 WIB
Poster film Minions: The Rise of Gru. (Foto: Dok. IMDb/ Universal)
Perbesar
Poster film Minions: The Rise of Gru. (Foto: Dok. IMDb/ Universal)

Liputan6.com, Jakarta - Film Minions: The Rise of Gru atau yang di Indonesia dikenal dengan Minions 2: The Rise of Gru atau Minions 2, baru saja menempati jajaran tertinggi box office akhir pekan (Jumat sampai Minggu) di Amerika Serikat. Film animasi garapan Illumination dan Universal yang sudah tiba di Indonesia ini, meraup angka yang cukup fantastis.

Melansir forbes.com, dikabarkan Minggu (4/7/2022), Minions 2: The Rise of Gru yang dirilis pada tanggal 1 Juli 2022, telah mencapai angka US$127,9 juta (Rp1,91 triliun). Pencapaian ini menjadi rekor film terlaris selama penayangan perdana akhir pekan (Jumat hingga Minggu) pada momen libur perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh setiap tanggal 4 Juli.

Bahkan peraihan ini sukses melebihi angka yang didapat oleh film Transformers: Dark of the Moon alias Transformers 3 yang meraup angka US$115 (Rp 1,72 triliun) pada momen akhir pekan serupa di tahun 2011 silam.

Meskipun begitu, ulasan Minions 2 bervariasi. Pantauan kami, IGN memberi skor 5 terhadap film yang dibintangi Steve Carell dan Pierre Coffin ini. Sementara Metacritic mengumpulkan skor 56 dari 37 ulasan. Beda dengan Rotten Tomatoes yang menghimpun angka 71 persen positif dari 126 ulasan.

\

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kritik yang Disorot

Minions: The Rise of Gru. (Illumination Entertainment/Universal Pictures via AP)
Perbesar
Minions: The Rise of Gru. (Illumination Entertainment/Universal Pictures via AP)

Sejumlah pengamat yang mengkritik habis film ini menyorot kurangnya humor yang membuat terpingkal-pingkal. Ada juga yang menganggap alur ceritanya terlalu ngawur untuk dicerna serta menilai imajinasi para sineas film ini sangat terbatas hingga dirasa tak mampu menyebarkan inspirasi sama sekali.

Kritik juga menyorot peran para karakter Minions yang tak semenonjol di film pertama. Pasalnya, film ini memang memperkenalkan masa kecil Gru dari film Despicable Me yang memiliki ambisi sebagai penjahat tapi malah akhirnya menjadi pahlawan.

Meskipun dengan kekurangan-kekurangan tersebut, Minions: The Rise of Gru tetap sukses menghibur para pecinta film animasi. Terlebih lagi, film ini cukup ramah untuk anak-anak, sehingga tentu para orangtua menontonnya bersama putra/putri mereka yang sukses melambungkan jumlah penonton.

 


Sempat Tertunda Pandemi

Minions
Perbesar
Adegan film Minions. (dok.Universal)

Minions: The Rise of Gru sebelumnya dijadwalkan untuk tayang pada 3 Juli 2020, yang juga mengambil momen hari kemerdekaan AS. Namun pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat film ini diundur. Ditambah lagi status studio Illumination Mac Guff yang sempat ditutup sementara akibat pandemi.

Sempat diumumkan untuk dijadwalkan ulang pada 2 Juli 2021, akhirnya film ini resmi dirilis di AS dan sejumlah negara termasuk Indonesia pada 1 Juli 2022 lalu. Hingga kini, Minions 2 masih tayang di bioskop dan diperkirakan bakal meraup lebih banyak penonton.

[INFOGRAFIS] Film-Film di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Perbesar
Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya