Sukses

Ridwan Kamil Badalkan Haji untuk Almarhum Eril

Ridwan Kamil membadalkan haji mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil bersama dengan sang istri, Atalia Praratya dan juga putrinya Camillia Laetitia Azzahra, akan berangkat ke Tanah Suci. Ridwan Kamil memimpin jemaah haji dari Jawa Barat yang berjumlah sekitar 17.000 orang.

Tak hanya itu, keberangkatan Ridwan Kamil itu juga sekaligus untuk membadalkan haji mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz. Sehari sebelum berangkat ke Mekah yaitu pada Minggu (3/7/2022), Ridwan Kamil dan Atalia Praratya menyempatkan untuk berziarah ke makam Eril.

"Besok Senin saya sebagai Gubernur, akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah Haji Jawa Barat yang berjumlah 17,000-an jemaah. Doakan aman kondusif selama di sana," tulis Ridwan Kamil.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Doa

Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil juga meminta doa kepada masyarakat agar keberangkatannya ke Tanah Suci itu diberikan kelancaran.

"Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jawa Barat dan Indonesia lancar dan sehat selamat kembali ke tanah air sebagai Haji mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin. SIAPA yang mau menitipkan doa , silakan tulis di kolom komen. Jika Allah SWT izinkan dan beri kemudahan saya akan bantu doakan di Padang Arafah dan depan Kabah," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Seolah Tetap Berempat

Hal yang sama juga disampaikan oleh istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya. Ia merasa keberangkatannya kali ini seakan-akan Eril tetap membersamai mereka.

"Assalamu’alaikum akang tetehh.. Mohon doa… mohon doa.. dan Mohon dibukakan pintu maaf… Di musim haji tahun ini Insya Allah kang emil akan beribadah haji atas nama a Eril (badal haji). Bahagianya seolah kami tetap beibadah ber 4," tulis Atalia Praratya.

4 dari 4 halaman

Doa Sahabat

Unggahan tersebut langsung dibanjiri doa dari warganet agar keberangkatan mereka menjalankan ibadah haji itu diberikan kelancaran hingga kembali ke Tanah Air.

"Wilujeung menjalan ibadah rukun Islam ke 5 🙏🏻," tulis Melly Goeslaw.

"Ibu Cinta, Bapak dan Teh Zara Fi amanilah dan semoga menjadi Haji yg mabrur Amiiin 🤲💖," timpal Eddies Adelia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.