Sukses

Drakor Anna Jadi Sasaran Amuk Warganet Negeri Tirai Bambu, Gara-Gara Dialog Made in China

Sebaliknya, warganet Korea heran tayangan ini sampai ke China karena drakor Anna baru ditayangkan di Negeri Ginseng.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea Anna tengah jadi perbincangan. Tak hanya karena akting apik Bae Suzy sebagai Lee Yu Mi, tapi juga kontroversi yang timbul di Negeri China karena salah satu adegan dalam serial ini.

Dilansir dari Koreaboo, Jumat (1/7/2022), dalam adegan tersebut karakter yang dimainkan Suzy berusaha untuk menjual jam tangan yang ia terima sebagai hadiah. Nah, sang penjaga toko menyatakan jam tersebut sebenarnya tak berharga, bahkan masuk berita karena palsu.

“Kamu enggak tahu? Jam tangan ini dibuat di China, tapi mereka melabelinya sebagai ‘buatan Swiss; karena ada satu sekrupnya yang berasal dari Swiss. Mereka lalu membandrolnya denganharga 8 juta won padahal pembuatannya hanya sekitar 100 ribu won,” begitu tokoh yang muncul di episode kedua drakor ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beredar di Weibo

Potongan adegan ini kemudian beredar di media sosial China, Weibo. Bahkan, diwartakan Allkpop, pada 30 Juni lalu kata kunci 'Kontroversi drama baru Suzy 'Anna' jadi trending nomor satu di platform ini. 

Isinya, tentu adalah kekecewaan atas adegan drakor ini. 

Salah satu warganet menulis, "Ada yang sudah nonton drakor baru Suzy, Anna? Banyak bagian di drama ini yang kontroversial. Ada adegan pemeran utama wanita diberi jam tangan palsu. Ketika Anna pergi untuk menjual jam tangannya, pekerja toko berkata, 'Apa kamu tidak tahu merek ini tidak bagus?' Jam tangan itu disebut dibuat di Cina dan kemudian dikirim ke Swiss untuk trik pemasaran."

"Korea selalu menjelakkan China," tulis seorang warganet. 

"Kami tak menjual barang palsu," kata yang lain. 

3 dari 4 halaman

Tak Tayang Selain di Korsel

Sebaliknya, warganet Korea Selatan mempertanyakan bagaimana penonton di Negeri Tirai Bambu bisa menyaksikan tayangan ini. Pasalnya, Anna belum ditayangkan secara legal di negara tersebut. 

Coupang Play bahkan ikut angkat bicara soal kontroversi ini. Mereka menyatakan bahwa Anna hanya bisa diakses di Korea. 

"Anna adalah drama yang saat ini hanya tersedia di Korea Selatan. kami tidak akan merespons secara terpisah mengenai kontroversi ini," kata mereka. 

4 dari 4 halaman

Dari Kisah Nyata?

Adegan di Anna yang dipermasalahkan ini diduga diangkat dari kontroversi yang berdasarkan kisah nyata di Korea Selatan, yang terjadi pada 2006. Merek Vincent & Co. terciduk menjual jam tangan murah yang menggunakan suku cadang yang diproduksi di Cina. Jam tangan ini kemudian dipasarkan  seolah-olah sebagai merek mewah kelas atas yang hanya dikenakan oleh keluarga kerajaan Eropa. 

Menurut laporan berita pada saat itu, perusahaan memproduksi suku cadang jam tangan di China dan kemudian merakitnya di Swiss demi bisa dilabeli sebagai buatan negara Eropa tersebut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Anna

  • Bae Suzy

  • Suzy