Sukses

Kembali Hadir 30 Juni! Merdeka Awards 2022, Sebuah Apresiasi Terhadap Inovasi

Penghargaan ini sekaligus menjadi perayaan dari momen hari lahir Merdeka.com.

Liputan6.com, Jakarta Merdeka Awards kembali hadir di tahun ini! Penghargaan ini sekaligus menjadi perayaan dari momen hari lahir Merdeka.com. Sudah 10 tahun, Merdeka.com hadir menyuguhkan berita yang aktual serta faktual untuk para pembacanya. 

Di tahun keduanya, Merdeka.com terus berkomitmen pada inovasi. Karena hal itu merupakan bagian yang sangat penting di era modern seperti saat ini. Setali tiga uang, Merdeka Awards 2022 merupakan sebuah bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berjuang memberikan dan melahirkan gagasan yang inovatif atas nama kepentingan publik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Ada 5 kategori yang akan diberikan pada Merdeka Awards 2022 ini. Mulai dari Program Inovatif untuk Negeri, program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghargaan Kategori Inovasi Digital

Selain 5 kategori yang akan diberikan, ada pula 6 penghargaan yang masuk dalam kategori inovasi digital yang akan dinobatkan ke beberapa instansi pemerintah daerah dan perusahaan BUMN yang terus mendorong inovasi dalam bidang digital untuk kemudahan aksesibilitas kepentingan publik. Ada 6 calon penerima penghargaan dalam kategori inovasi digital ini.

  1. Kota Pasuruan, yang berhasil melakukan inovasi digital dalam pelayanan publik dan penggerak ekonomi warga, melalui aplikasi e-Sambat hingga Madinah Marketplace.
  2. Bank BRI, yang berhasil melakukan inovasi digital dengan BRIGuna-nya untuk menggerakkan ekonomi dan mendukung pelayanan publik.
  3. Telkom, yang berhasil menggerakkan ekonomi dengan aplikasi Produk Logee, Agree, dan Program Indigo. Selain itu, dengan BigBox, Mangoesky hingga SimpelDesa, mampu memudahkan pelayanan publik.
  4. Kota Malang, dengan aplikasi SAMBAT RENE KER, E-SPPT, Simbah-e, SIAPEL, e-Suradi, hingga Sistem Presensi Terkini mampu mendukung pelayanan publik menjadi mudah. Juga, dengan aplikasi Job Fair Active, E-JKN Cekat, hingga Aplikasi Sibama, bisa memudahkan aktivitas warga. Dan untuk menggerakkan ekonomi, Kota Malang, membuat aplikasi E-Pasar, malanggleerrr.com, dan Malang Creative Center (MCC). tak ketinggalan, untuk penyandang disabilitas, kemudahan juga diberikan lewat Dokumen Kependudukan huruf braille.
  5. Kota Cirebon, dengan aplikasi Wistakon mampu menggerakkan ekonomi warga. Selain itu, untuk memudahkan pelayanan publik, dibuat e-government dengan membangun command center, Sistem Aplikasi Mobile Kepegawaian, hingga Cirebon Satu Data.
  6. Kota Banda Aceh, pelayanan publik dimudahkan dengan aplikasi SEKEJAP, e-Surat, SINERGI, dan Aplikasi Kanasipolang. Guna memudahkan aktivitas warga, juga dibuatkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Perpajakan dan Aplikasi Sistem Layanan Informasi Sekolah. Sebagai penggerak ekonomi warga, aplikasi Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan dan aplikasi Elektronik Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah dibuat.
3 dari 3 halaman

Sinergi dengan Lembaga Pemerintah

Dalam penentuan penerima penghargaan Merdeka Awards 2022, Merdeka.com turut bersinergi dengan tiga lembaga pemerintah, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi dan UKM. 

Serta juga didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Mahkamah Agung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Semarang, Bank Rakyat Indonesia, BRIGUNA, Permodalan Nasional Madani, Bank Tabungan Negara.

Penasaran siapa yang akan mendapatkan penghargaan di Merdeka Awards 2022? Yup, acara puncak penghargaan Merdeka Awards 2022 ini akan berlangsung tanggal 30 Juni 2022 pukul 14.00 WIB hingga selesai. Nantinya, acara ini juga akan disiarkan secara streaming lho dan bisa kamu saksikan di Vidio.com.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini